BBPOM Temukan Takjil Mengandung Zat Kimia

BBPOM Temukan Takjil Mengandung Zat Kimia

Ilustrasi Foto - Net

Bandung - Balai Besar Pegawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung menginspeksi penjual 21 jenis makanan menu berbuka puasa. Dalam sidak tersebut  dua jenis takjil diindikasikan menggunakan bahan kimia.

Hal tersebut diungkapkan Inayah petugas BPOM Bandung saat melakukan inspeksi di seputar Alun-alun, Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Senin (29/6/2015).

"Dari pengawasan pangan takjil hari ini, dari 21 sampel yang kita ambil, ternyata dua menghasilkan hasil positif. Yang satu positif rhodhamin B pacar cina, sedangkan untuk lontong ini positif boraks," ungkapnya.

Dia menjelaskan, zat-zat kimia yang tidak seharusnya terkandung makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan, seperti rhodhamin B menyebabkan kanker hati apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

"Kalau terakumulasi di dalam tubuh untuk jangka panjang, dia (zat kimia) bisa menyebabkan itu (gangguan kesehatan dan kanker hati)," bebernya.

Selain itu, menurut Inayah, inspeksi hari ini dilakukan pihak BPPOM Kota Bandung di 4 titik Kota Bandung.

"Untuk hari ini kita turun di empat titik, mulai dari Cikapundung, Pasundan, Dalem Kaum, sama Kapatihan," paparnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,