Passing Grade Kota Bandung Diprediksi Naik

Passing Grade Kota Bandung Diprediksi Naik

Bandung- Passing grade Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ini diprediksi naik. Hal tersebut salah satunya akibat membludaknya jalur afirmasi (tidak mampu) dalam PPDB tersebut, yang membuat kuota jalur akademis akan berkurang. Demikian diungkapkan Ketua Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI), Firmansyah Noor, Selasa (30/6/2015). 

 
"Secara tidak langsung hal itu akan berpengaruh pada besaran passing grade yang ada di sekolah. Penentuan passing grade sekarang dilihat dari wilayah. Selain itu karena jalur afirmasi atau non akademis sebagian besar sudah mengambil jatah jalur akademis, sehingga akan mengurangi kuota jumlah akademis. Artinya siswa yang diterima di jalur akademis akan lebih sedikit dibanding sebelumnya, dan itu akan membuat seleksi passing grade akan lebih ketat,” ujar Firman.
 
Dikatakan, melihat passing grade tahun sebelumnya dan juga pemetaan Ujian Nasional (UN) memang ada peningkatan nilai. “Saya memprediksi dengan berkurangnya jumlah kuota akademis, akan membuat passing grade otomatis naik,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI), Iwan Hermawan, dengan adanya aturan baru tentang passing grade di wilayah juga adanya kebijakan walikota Bandung yang menerima semua siswa di jalur afirmasi tentu akan berpengaruh pada passing grade.

“Melihat kebijakan PPDB dan juga jumlah afirmasi yang diterima, kemungkinan besar akan membuat passing grade naik, karena jumlah siswa yang diterima lebih sedikit,” ujarnya.

Hari Selasa ini merupakan hari kedua pendaftaran jalur akademis PPDB, namun orangtua siswa sudah mulai memadati sekolah. Bahkan beberapa sekolah sudah kehabisan kuota pendaftaran, sedangkan pendaftaran masih tersisa sekitar 4 hari lagi. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,