Silang Pendapat Kuasa Hukum Terdakwa Kasus Cipaganti dan JPU

Silang Pendapat Kuasa Hukum Terdakwa Kasus Cipaganti dan JPU

Bandung - Kuasa Hukum 4 terdakwa kasus Cipaganti  membacakan Pledoi atau nota pembelaan di ruang sidang Tipikor, Jalan LRE Martadinata Kota Bandung, Selasa (30/6/2015).

Dalam nota pembelaan, John F Panggabean selaku kuasa hukum para terdakwa kasus Cipaganti yaitu Andianto Setiabudi, Julia Sri Redjeki, Yulianda Tjendrawati Setiawan dan Cece Kadarisman mengatakan, tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap empat terdakwa tidak sesuai  bukti.

"Berdasarkan pasal-pasal yang didakwakan JPU kepada empat terdakwa tidak memenuhi unsur penipuan, dalam suatu perjanjian dan kesepakatan kerja sama antara keempat terdakwa dengan mitra koperasi," tukas John F Panggabean.

Menurutnya, dalam isi perjanjian kerja sama Koperasi Cipaganti antara keempat terdakwa dengan mitra koperasi dinilai komplit secara keseluruhan, dan terjadinya kesepakatan kedua belah pihak untuk mengelola dana dari mitra koperasi. "Dalam hal ini, tidak ada satu pun dokumen fiktif untuk menipu orang lain," katanya.

Sesuatu bisa dikatakan panipuan, lanjutnya harus memenuhi unsur penipuan, yakni ada seorang yang dibujuk untuk menyerahkan barang, sementara yang menjadi korban penipuan  itu harus menurutinya. "Dalam hak ini terdakwa tidak mengatasnamakan orang lain dengan tujuan untuk memperkaya diri sendiri," paparnya.

Pihak kuasa hukum pun mengajukan kepada Majelis Hakim untuk membebaskan keempat terdakwa, karena perbuatan terdakwa jelas tidak  sesuai dengan unsur penipuan. Membebaskan terdakwa dari tahanan, dan meringankan denda perkara.

Hingga berita ini diturunkan, sidang akan dilanjutkan kembali Selasa (15/7/2015), dengan agenda vonis.(Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,