Dewan Sayangkan Kades Minta Bingkisan Lebaran

Dewan Sayangkan Kades Minta Bingkisan Lebaran

Bandung - Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Syahrir menyayangkan sikap Kepala Desa (Kades) Padamulya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, yang mengirimkan surat edaran ke perusahaan-perusahaan di wilayahnya untuk meminta bingkisan Lebaran.

"Kalau menurut saya, selaku perwakilan dari Komisi I DPRD Jawa Barat, kades yang minta bingkisan Lebaran itu tidak dibenarkan ya," katanya di Kota Bandung, Kamis (2/7/2015).

Ia mengatakan, pemberian bingkisan atau paket lebaran dari perusahaan-perusahaan atau pengusaha seharusnya berdasarkan inisiatif si perusahaan itu sendiri bukan atas desakan atau permintaan pihak luar seperti dari kades.

"Kecuali ada inisiatif dari pabrik atau perusahaan di daerah tersebut, misalnya mereka yang mau memberikan maka mereka bisa mengumpulkan aparatur desa bukan malah sebaliknya," kata dia.

Menurut Syahrir, sikap kades yang meminta bingkisan lebaran kepada perusahaan terkesan seperti memaksa atau meminta-minta.

"Ya kesannya seperti menodong, sekilas seperti meminta-minta. Jadi seharusnya kesadaran pabrik atau perusahaan saja," kata dia.

Kepala Desa Padamulya Imas RE membenarkan jika pihaknya mengeluarkan surat edaran kepada pemimpin perusahaan-perusahaan yang berada di wilayahnya untuk meminta bingkisan Lebaran.

Bingkisan Lebaran yang dimaksud, menurut dia, bukan dalam bentuk uang namun barang yang nantinya akan dibagikan kepada kaum yang membutuhkan atau tidak mampu di wilayahnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,