Manaker Bingung Saat Dihujani Protes Soal JHT

Manaker Bingung Saat Dihujani Protes Soal JHT

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri

Jakarta - Dengan mulai beroperasinya BPJS Ketenagakerjaan pada 1 Juli 2015, menyebabkan adanya perubahan daalam pencairan Jaminan Hari Tua (JHT). Biasanya JHT bisa dilakukan lima tahun, namun kini diubah menjadi 10 tahun dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP).
 
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri akan melaporkan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, perubahan transisi tersebut membuat kebingungan di masyarakat yang ingin mencairkan JHT.
 
"Saya tak tahu masalahnya di mana, tapi lebih pada sosialisasi yang belum jalan. Saya akan lapor kepada pak Presiden dulu untuk memberi masa transisi dan sejenisnya lah," kata Hanif di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/6/2015).
 
Memang, katanya dengan adanya perubahan kebijakan dalam pencairan JHT menyebabkan  masyarakat bertanya-tanya. Namun hal tersebut sudah diatur dalam PP, hanya saja sosialisasi belum berjalan dengan baik.
 
Tak ayal lagi, kebijakan erkait pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) mendapatkan penolakan dari masyarakat. Buktinya, kurang dari 24 jam sejak petisi penolakan kebijakan tersebut diunggah di laman Change.org, sudah lebih dari 37 ribu netizen memberikan dukungan. Jumlah ini terus bertambah. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,