Robot di Pabrikan Mobil VW Telan Korban Jiwa

Robot di Pabrikan Mobil VW Telan Korban Jiwa

Kassel - Sebuah kecelakaan yang melibatkan peran sebuah robot di pabrik Volkswagon di Kassel, Jerman menimpa seorang teknisi hingga meninggal dunia.

Seperti dilaporkan Financial Times, kejadian itu terjadi ketika korban dan rekannya tengah memasang mesin. Namun, tiba-tiba lengan robot menghantam bagian dada korban. Korban pun kemudian meninggal dunia karena cedera parah. 

Sejauh ini pihak berwajib masih menyelidiki bagaimana kecelakaan tersebut bisa terjadi. Sementara itu, rekan korban tidak terluka sama sekali. 

Menurut sumber yang sama, kecelakaan yang hingga menyebabkan kematian akibat insiden dengan robot sangat jarang terjadi di pabrik modern seperti di Jerman. Apalagi, robot sudah diprogram untuk berada di jalur produksi, terutama robot berbobot ringan.

Sementara itu, juru bicara VW mengatakan, robot yang dimaksud bukanlah robot generasi terbaru, melainkan robot besar yang ditempatkan jauh dari manusia. Diindikasikan, robot itulah yang 'membunuh' pekerja muda tersebut. 

Pihak VW juga mengatakan, penyelidikan internal perusahaan menyebutkan bahwa robot itu pun tidak mengalami kecacatan teknis. Pabrikan mobil asal Herman itu meyakini kecelakaan terjadi semata karena human error(Jr.)**

.

Categories:Otomotif,
Tags:,