Mahasiswa UI Raih 28 Medali di BIG Hong Kong

Mahasiswa UI Raih 28 Medali di BIG Hong Kong

Jakarta - Sebanyak 94 atlet mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil membawa pulang sebanyak 28 medali setelah bertanding dalam "Biennial Intervarsity Games" (BIG) ke-26 , kompetisi olahraga internasional antarperguruan tinggi se-Asia Pasifik, di Hong Kong, 22-29 Juni.

Total 28 medali tersebut terdiri dari empat medali emas, sembilan medali perak, dan 15 medali perunggu dalam kejuaraan yang berlangsung di Flora Ho Sports Center, University of Hong Kong, tersebut.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI di Jakarta, Jumat (3/7/2015), menyebutkan kontingen UI yang berasal dari beragam jurusan ini menyumbang medali emas pada cabang olahraga sepak bola dan atletik.

Gelar juara pada cabang sepak bola didapatkan UI usai mengalahkan University of Macau dan University of Hongkong lewat sistem kompetisi "round robin" (perhitungan poin).

UI juga berhasil meraih emas pada bidang atletik 100 m, 800 m, dan 200 m untuk kategori wanita.

Selain meraih medali emas, Tim UI juga turut menyumbang medali perak pada cabang atletik dan renang. Sedangkan medali perunggu diraih oleh para mahasiswa UI pada cabang bulu tangkis, tenis lapangan, tenis Meja, atletik dan renang.

Menurut keterangan resmi tersebut, kemenangan mahasiswa UI membuktikan bahwa mahasiswa UI tidak hanya memiliki keunggulan dalam bidang akademik melainkan juga mampu mengembangkan kemampuan non-akademik, seperti bakat dan hobi di bidang olahraga, seni, dan budaya.

UI senantiasa mendukung para mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan akademik dan non-akademik, salah satunya dengan mengembangkan infrastruktur dan fasilitas olahraga yang mumpuni bagi para civitas akademikanya.

BIG merupakan kompetisi olahraga internasional antar perguruan tinggi se-Asia Pasifik dalam jangka waktu dua tahunan.

University of Hong Kong, Hong Kong terpilih menjadi tuan rumah BIG ke-26 2015 dan kegiatan berlangsung pada 22-29 Juni. Sedangkan Universitas Indonesia (UI) pernah menjadi tuan rumah dalam BIG ke-25 pada 2012 lalu.

Kejuaraan BIG ke-26 2015 diikuti oleh enam universitas di Asia Pasifik, antara lain University of Hong Kong (daerah administrasi khusus dari Tiongkok, National University of Singapore (Singapura), Universitas Indonesia (Indonesia), University of Malaya (Malaysia), University of Western Australia (Australia), dan University of Macau (daerah administrasi khusus dari Tiongkok).

Kejuaraan tersebut memperlombakan delapan cabang olahraga, yaitu renang, atletik, bulu tangkis, basket, sepak bola, tenis meja, voli, dan tenis.

Keikutsertaan UI pada kejuaraan BIG ke-26 diharapkan dapat memperkuat ikatan dengan perguruan tinggi yang berasal dari negara tetangga di kawasan Asia Pasifik, mendorong rasa hormat antar negara, dan semangat internasional melalui olahraga.

Selain itu, pesta olahraga ini diharapkan dapat meningkatkan "softskill" mahasiswa UI agar memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim dan sportivitas serta memperluas wawasan tentang budaya dari negara lain. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,