108 Bus Damri buat Mudik Gratis dari Kemenhub

108 Bus Damri buat Mudik Gratis dari Kemenhub

Jakarta - Perum DAMRI mengalokasikan sebanyak 109 bus angkutan hari raya Idul Fitri (AHRI) sebagai bentuk pelayanan program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

"Kami sudah menyediakan 109 bus untuk mudik gratis bersama Kemenhub dan beberapa BUMN lainnya, seperti PT Taspen, BRI, PGN, Semen Gresik, Pupuk Indonesia, Garuda Indonesia dan juga PT LG Indonesia," kata Direktur Teknik Perum DAMRI Bagus Wisanggeni di kantornya kepada Antara di Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Bagus mengatakan beberapa kota yang dituju dalam program mudik gratis tersebut, antara lain Tegal, Kebumen, Brebes, Semarang, Purowrejo, Solo, Purwokerto dan Lampung.

Adapun pemberangkatan bus dibagi menjadi tiga kloter, yakni pada 10, 12 dan 14 Juli mendatang.

Sementara itu, untuk pemberangkatan menggunakan kapal laut bersama PT Pelindo III, DAMRI mengalokasikan 16 unit bus yang diberangkatkan pada 7 Juli dan 10 Juli 2015.

"Untuk yang melalui laut ada dua titik poin, yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Mas," kata Asisten Senior Manager Teknologi Informasi Perum DAMRI Tri Wahyono.

Tri mengatakan ada lima kota tujuan yang berangkat dari Tanjung Perak, yakni Cepu, Madiun, Trenggalek, Jember dan Sumenep. Sedangkan untuk titik awal dari Tanjung Mas, empat kota tujuannya adalah Wonosobo, Pati, Solo-Yogyakarta dan Pemalang.

Program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub ini merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi jumlah pemudik menggunakan sepeda motor.

Sejak diberlakukannya pendaftaran mudik gratis secara online dari 1 Juni sampai dengan 30 Juni 2015, dan pendaftaran offline dari tanggal 15 Juni 2015 sampai dengan 1 Juli 2015 telah terdaftar sebanyak lebih dari 20.000 sepeda motor, terdiri atas angkutan truk sebanyak 3.100 unit sepeda motor, untuk angkutan kereta api sebanyak 9.000 unit sepeda motor dan untuk angkutan kapal laut sebanyak 10.000 unit sepeda motor.

Kemenhub menyediakan kuota hingga 6.440 penumpang bus dan 2.880 sepeda motor dengan truk untuk arus mudik, sementara untuk arus balik target yang diangkut oleh truk, yakni 400 sepeda motor dan 920 penumpang melalui bus.(Ode)**
.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,