Dishub Siapkan Armada Antisipasi Lonjakan Pemudik

Dishub Siapkan Armada Antisipasi Lonjakan Pemudik

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat telah mempersiapkan langkah guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 1436 Hijriyah. "Kesiapan armada, kita ada 8.400 unit untuk bus AKDP, AKAP Pariwisata jenis besar dan sedang," kata Kepala Dishub Jawa Barat Dedi Taufik, Jumat (3/7/2015) 
 
Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik itu, Dishub Jabar telah meminta kepada sejumlah perusahaan bus untuk menyediakan transportasi cadangan, yang saat ini masih dilakukan koordinasi dengan PO bus.
 
Untuk penumpang lainnya, Dishub Jabar telah melakukan koordinasi bersama Daop II dengan mempersiapkan 31 kereta api, baik yang berangkat dari Stasiun Kiaracondong maupun Cirebon.
 
Dedi memastikan, seluruh moda penumpang telah melalui uji kelayakan termasuk mempersiapkan SDM, dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk uji kesehatan. "ASDP kita juga telah siapkan, kita sudah uji kelayakan jalannya. Termasuk persiapan moda penumpang transportasi udara sekitar 24 pesawat, sehingga kita sudah siap baik darat, laut dan udara," ucapnya.
 
Selain itu, Dedi mengingatkan agar seluruh pejabat di lingkungannya wajib mengikuti piket pada mudik, terutama di 13 titik atau provinsi yang menjadi titik terberat angkutan lebaran. “Kita tahu lonjakan penumpang cukup signifikan, sehingga kita harus optimal. Sekarang ini piket lebaran atau masa angkutan Lebaran yang biasanya H-7, kita majukan menjadi H-15 sampai H+9 atau dari 2 Juli sampai 27 Juli,” ujarnya.
 
Sedangkan khusus kendaraan pribadi, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, baik itu jenis roda empat dan roda dua. Pihaknya mencatat, peningkatan kendaraan pribadi tahun ini mencapai 3 juta lebih. "Selain peningkatan penumpang sekitar 20 juta, peningkatan kendaraan pribadi mencapai sekitar 3 juta lebih. Yakni sebesar 1,6 juta untuk mobil dan 2 juta lebih untuk sepeda motor, dan tahun ini kita siagakan 1.700 personel yang tersebar di kabupaten/kota Jabar,” tandasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,