Cimahi Optimalkan Program Kelurahan Bebas Buang Air Sembarangan

Cimahi Optimalkan Program Kelurahan Bebas Buang Air Sembarangan

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi optimalkan program Kelurahan "Open Defecation Free" (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan sebagai upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat bagi kehidupan manusia.

"Kami berharap dengan program ini masyarakat tidak lagi buang air besar sembarangan untuk menciptakan lingkungan Cimahi yang bersih dan sehat," kata Wali Kota Cimahi Atty Suharti di Cimahi, Jumat (3/7/2015).

Ia menuturkan, sanitasi lingkungan di Kota Cimahi harus baik agar masyarakat dapat beraktivitas dengan merasakan lingkungkan yang bersih dan sehat.

Ia menyebutkan, program kelurahan ODF yang sudah berjalan yakni di Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, dan Kelurahan Cipageran di Kecamatan Cimahi Utara.

"Kelurahan itu telah ditunjuk sebagai pilot project penerapannya," kata Atty.

Pihaknya terus berupaya agar seluruh program lingkungan dapat terus berjalan setiap tahunnya untuk kepentingan bersama masyarakat Cimahi.

"Kita akan terus berupaya untuk masalah sanitasi lingkungan, seperti program bagaimana kami membuat 'septic tank', juga membangun Ipal terpadu," katanya.

Ia menyampaikan, selama tahun 2015, Pemerintah Kota Cimahi terus menata sanitasi lingkungan, meskipun selama ini masih banyak kekurangannya.

Namun, lanjut dia, beberapa program sanitasi lingkungan di Kota Cimahi yang sudah dijalankan tahun sebelumnya seringkali menjadi rujukan oleh daerah-daerah lain.

"Salah satunya program unggulan yang sedang dijalankan adalah Kelurahan ODF," katanya.

Program lingkungan lain yang sedang direncanakan Pemerintah Kota Cimahi diantaranya tentang mencari sumber air baku baru dan juga sumber energi alternatif.

Selanjutnya bidang kesehatan, Pemerintah Kota Cimahi berupaya untuk meningkatkan fasilitas Puskesmas seperti peralatan kesehatan, maupun tenaga kesehatannya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,