Beranikah Anda Pensiun di Usia 40 Tahun?

Beranikah Anda Pensiun di Usia 40 Tahun?

Ilustrasi Foto - Net

Bagaimana jika Anda tak perlu menunggu sampai berumur 60-an untuk pensiun? Mau pensiun umur 50? Atau malah 40? Jangan ketawa dulu.
 
“Kita semua bermimpi untuk pensiun di usia muda dengan jumlah uang pensiun yang besar dan tak ada kekhawatiran soal uang,” kata Victoria Lewis, seorang perencana keuangan yang tergabung dalam grup Spectrum IFA di Paris, Prancis. Anda cuma harus membuat rencana yang tepat di tempat yang tepat.
Tapi usia berapa yang dianggap sebagai pensiun cepat?
 
Di Amerika Serikat, rata-rata usia pensiun adalah 61 tahun, menurut jajak pendapat Gallup. Sedang di Australia, dalam lima tahun terakhir, laki-laki pensiun pada usia antara 61,5 sampai 63,3 tahun, dan perempuan rata-rata di usia 59,6 –menurut biro pusat statistik Australia.
 
Namun di Jepang, usia rata-rata pensiun adalah 69,1 tahun dan di Luxemburg, rata-rata 57,6 tahun –menurut data OECD atau Organisasi Kerja dan Pembangunan Ekonomi Eropa yang berpusat di Paris.
 
Berdasarkan usia rata-rata itu, ahli keuangan mempertimbangan usia pensiun dini berada di bawah 55 tahun, dan umumnya antara 50 sampai 55. Namun karena di beberapa negara, India misalnya, dengan dua pertiga usia rata-rata penduduknya 35 tahun atau lebih muda, maka usia pensiun dini ditetapkan lebih muda lagi: antara 45 atau 50, kata Lovaii Navlakhi, pendiri dan pimpinan eksekutif perusahaan perencana keuangan internasional Money Matter di Bangalore.
 
Apapun keputusan Anda, berikut beberapa nasihat yang memungkinan pensiun dini bisa dilakukan.
Apa yang dibutuhkan: Ke luar dari angkatan kerja dalam usia lebih muda daripada kebanyakan orang artinya Anda harus bebas utang, dengan memiliki tabungan kurang lebih sekitar 25 kali dari pendapatan yang ingin Anda capai pada usia pensiun, ternasuk pensiun dari pemerintah dan pemasukan lainnya.
Prinsipnya adalah Anda bisa menarik sekitar 4% dari portofolio pensiun Anda –atau 1/25 dari jumlah tabungan. Artinya Anda harus bisa menarik dengan aman sebesar 40.000 doalas per tahun dari sekitar 1 juta dolar portofolio pensiun Anda –tambah dengan berapapun yang mungkin Anda dapat (atau Anda harapkan akan Anda terima) dari skema pensiun pemerintah. Pendapatan dan bunga tentu akan berpengaruh untu memungkinkan menarik 4% setiap tahunnya tanpa batas waktu. (Fluktuasi pasar tentu akan mempengaruhi juga).
 
Berapa lama Anda perlu mempersiapkan: Tergantung pada bagaimana dedikasi Anda untuk mencapainya, dan seberapa cepat Anda bisa melunasi utang yang masih tersisa (termasuk melunasi cicilan rumah) serta menambah tabungan yang dibutuhkan. Bagi Pete-seorang blogger Amerika yang menulis untuk MrMoneyMustache.com dan memilih menyembunyikan nama keuarga untuk melindungi privasi keluarga-, ia dan istrinya bisa pensiun pada usia 30 tahun setelah selama sembilan tahun serius menabung dan hidup dengan gaya hidup berbiaya rendah.
 
Sedangkan Darrow Kirkpatrick -seorang insinyur di New Mexico, Amerika Serikat, yang menulis di CanIRetireYet.com- memutuskan untuk fokus pada pensiun sambil tetap bekerja di pertengahan usia 30 tahun dan akan bisa pensiun pada usia 50. Seorang profesional keuangan bisa membantu dalam menentukan jangka waktu yang realistis untuk Anda.
 
Lakukan sekarang: Mulailah segera. Pensiun dini menjadi impian yang tak masuk akal bagi banyak orang hanya karena mereka tak pernah merencanakan secara dini.
“Orang-orang tak sungguh-sungguh mulai berpikir tentang pensiun sampai usia mereka 40-an,” kata Helen Hogan, seorang penasehat investasi dari perusahaan Sunset Financial Services di Missouri, Amerika Serikat. “Lebih cepat Anda mulai, maka lebih baik, karena kekuatan yang Anda dapat dari investasi yang terus bertambah.”
 
Sederhanakan gaya hidup Anda. Mantra yang ampuh untuk pensiun dini adalah menabung lebih banyak dan belanja lebih sedikit. Jika lebih sedikit yang Anda habiskan saat ini untuk rumah, mobil dan liburan, maka lebih banyak penghasilan yang bisa Anda gunakan di masa depan. Pertimbangkan, apakah Anda benar-benar membutuhkan kamar tidur baru, mobil mewah, TV canggih, atau makan malam di luar rumah dua kali sepekan.
 
“Soalnya adalah benar-benar mengurangi pengeluaran Anda, atau sebagaimana sering saya katakan, ‘hidup sedikit lebih edan sedikit dibanding gaya hidup rata-rata,’” kata Pete dari MrMoneyMustache.com. (Sebagian alasan bagi Pete dan istrinya bisa pensiun dini karena mereka menurunkan pengeluaran mereka hingga sekitar US$25.000 per tahun, katanya.)
 
Lunasi rumah Anda. Pikirkan tentang berapa uang yang Anda habiskan tiap bulan untuk cicilan. “Secara rata-rata, pembayaran cicilan memakan 30% penghasilan,” kata Brett Evans, Direktur Eksekutif Atlas Wealth Management di Southport, Australia. Lebih cepat Anda membayar cicilan terakhir untuk rumah Anda, maka lebih cepat Anda bisa melempar uang ke tabungan, dan lebih sedikit pula yang Anda keluarkan untuk hidup di masa pensiun.
 
Lakukan nanti: Bekerjalah sedikit. Bagi banyak orang, pensiun dini tidak berarti ssama sekali tidak bekerja. Yang umumnya terjadi, orang berhenti dari pekerjaan penuh mereka tapi tetap memelihara usaha kecil sambilan atau bekerja paruh waktu untuk yang mereka sukai, guna menambah penghasilan.
 
“Mereka telah bekerja mati-matian selama tahun-tahun kerja, dan mungkin mereka telah memiliki uang cukup untuk bekerja paruh waktu sehingga hanya mengurangi waktu kerja mereka saja,” kata Hogan. “Rencananya adalah mereka akan bekerja untuk 10 hingga 15 tahun, tapi dengan irama yang lebih lambat.”
 
Jangan lupa keluarga. Jika Anda punya perhitungan anggaran pengeluaran pada masa pensiun, pastikan pengeluaran untuk keluarga sudah termasuk di dalamnya.. “Saya ingatkan orang-orang bahwa cucu dan anak-anak banyak mengambil porsi uang para pensiunan,” kata Hogan. “Saya mengingatkan para klien, ‘Anda perlu berhenti memberi uang kepada anak-anak Anda karena Anda sudah tak mampu sekarang.’”
 
Lakukan dengan lebih cerdas: Pastikan Anda siap. Apakah Anda punya rencana untuk pensiun? Dan apakah Anda benar-benar siap untuk berpisah dengan kehidupan pekerjaan? “Beberapa orang menjadi depresi setelah pensiun karena mereka rindu kehidupan kantor,” kata Hogan. “Mereka benar-benar perlu berpikir tentang apa yang akan mereka lakukan dengan waktu mereka.”
 
Lakukan ujicoba. Hiduplah dengan 'gaji' pensiun yang Anda rencanakan selama 12 bulan dan melihat apakah hal itu bisa dilakukan sebelum benar-benar melakukannya. Anda akan bisa mengukur apakah angka yang Anda rencanakan itu realistis, dan Anda bisa mendorong lebih banyak lagi uang kontan ke tabungan pada masu 'uji coba' itu.
 

“Bikin seperti permainan,” kata Hogan. “Tabung uang Anda sebanyak mungkin.” Seperti dilansir BBC.(Ode)**

.

Categories:Unik,
Tags:unik,