Kontainer Isi Daging Busuk Siap Edar Diamankan

Kontainer Isi Daging Busuk Siap Edar Diamankan

Daging sapi busuk dan olahannya ditemukan pihak kepolisian di Jalan Kebon Kawung Kota Bandung Jumat sore (3/7/2015).(TrisDoddY)

Bandung - Kontainer besar berisi daging tidak layak konsumsi berhasil diamankan pihak kepolisian. Daging seberat 10 ton tersebut ditimbun di dalam kontainer, yang terletak di sebuah pabrik es di kawasan Jalan Kebon Sirih Kota Bandung, Jumat (3/7/2015).

Pantauan CikalNews.com di lapangan, pihak kepolisian berhasil membongkar modus penyimpanan daging busuk itu, ketika petugas patroli mencium bau tidak sedap di lokasi. Selain itu para karyawan di pabrik es juga mengeluhkan bau anyir tidak sedap dari kontainer tersebut.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Yoyol Angesta Romano mengatakan, daging itu ditemukan sudah membiru, dengan kata lain tidak layak konsumsi. "Daging impor dan lokal, lewat masa berlakunya menurut pemeriksaan Distan KP daging yang berada di bawah suhu minus 10 sampai minus 20 derajat  bisa disimpan selama 1 tahun. Sedangkan di sini suhunya plus 18 derajat, berarti sudah menyalahi aturan," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, di dalam kontainer itu ada 10 ton daging campuran segar dan busuk dan telah disimpan, yang dipasarkan sejak 6 bulan ini. "Selama 6 bulan  ini daging tersebut dijual ke kafe - kafe dan pasar - pasar di Kota Bandung," bebernya.

Dalam menanggulangi masalah ini, pihaknya akan mengecek penjualan daging tersebut di pasaran. "Kita mau cek kemana saja ini barang dijual. Selain itu di rumah atau pabriknya, apakah masih ada berbagai macam makanan olahan seperti bakso dan dendeng," paparnya.

Yoyol menegaskan, pihaknya telah mengamankan 2 orang berinisial A Dan B, yang diketahui ada kaitannya dengan kepemilikan daging yang tidak layak konsumsi.  "Para tersangka telah melakukan pelanggaran terhadap Undang Undang Konsumen dan Pangan," pungkasnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,