Pemkot Anggarkan Rp 100 Miliar untuk Bangun Padepokan

Pemkot Anggarkan Rp 100 Miliar untuk Bangun Padepokan

Pergelaran kesenian banyak dilakukan outdoor karena Kota Bandung kurang gedung kesenian. (Foto: Ade)

Bandung – Sebagai wujud kepedulian dan kecintaan terhadap para seniman Kota Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berwacana akan membangun sebuah padepokan kesenian di Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Padepokan yang akan dibangun rencananya memakan tempat seluas 10 hektare, namun saat ini yang tersedia baru 5 hektare.

Menurut Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung, Herlan JS, dana yang dialokasikan untuk membuat padepokan kesenian di Ujungberung dianggarkan sebesar Rp 100 miliar.

“Sebesar Rp 100 miliar itu akan dialokasikan dari dana APBD Kota Bandung, tetapi kita belum tahu apakah akan dicairkan dari dana APBD 1 tahun atau dalam 2 tahun,” terang Herlan JS di Pendopo Kota Bandung, Jl. Dalem Kaum, Kota Bandung, Sabtu (25/10/2014).

Herlan menjelaskan, untuk membuat padepokan itu membutuhkan lahan sebanyak 10 hektare, namun sampai saat ini yang ada hanya baru 5 hektare.

“Kita masih mencari untuk perluasan area agar bisa mencapai 10 hektare sesuai yang direncanakan. Kita menargetkan 2015 ini sudah bisa berjalan pembangunannya,” jelasnya.

Gedung kesenian yang dibangun ini rencananya akan menjadi gedung kesenian termegah dan terbesar di Kota Bandung. Sebelumnya Pemkot Bandung mempunyai Gedung Kesenian Rumentang Siang di Jl. Baranang Siang, Kosambi namun penggunaannya kurang optimal karena kondisi gedung pun sudah kurang layak karena termakan usia. (AY)

 

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,