'Pusat Halal Salman ITB' Dukung Jaminan Kehalalan MUI

'Pusat Halal Salman ITB' Dukung Jaminan Kehalalan MUI

Bandung Untuk menjamin kehalalan makanan agar umat muslim bisa mengonsumsi makanan yang jelas kehalalannya,Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan Pusat Halal Salman ITB. Peresmian dihadiri Rektor ITB Kadarsyah Suryadi dan Ketua Umum MUI Din Syamsudin.
 
"Kita turut serta mengembangkan serta menjamin kegiatan dan kehidupan bangsa, yang sejalan dengan ketentuan syariah dengan cara mendirikan Pusat Halal," kata Ketua Umum YPM Salman ITB, Syarif Hidayat.
 
Empat kegiatan yang akan dilakukan Pusat Halal Salman ITB. Pertama, mengembangkan layanan sertifikasi yang patuh syariah dan ilmiah. Jaminannya bukan hanya kehalalan produknya, tapi juga kesehatannya.
 
Kedua, melakukan penelitian dan pengembangan untuk melahirkan iptek dan prosedur, yang memungkinkan pemeriksaan material haram dengan efektif dan efisien. Ketiga, menyiapkan SDM ahli sesuai UU No. 33 Tahun 2014. Terakhir, melakukan advokasi dan membantu UKM agar memiliki daya saing dan berkembang.
 
Dukungan penuh pendirian Pusat Halal itu dikemukakan Rektor ITB Kadarsyah Suryadi. Beragam laboratorium yang ada di Kampus ITB pun siap dipakai untuk mendukung kinerja Pusat Halal. "Kami punya laboratorium lintas disiplin, dari farmasi sampai elektronik," katanya.
 
Menurut Kadarsyah, keberadaan Pusat Halal nantinya akan bertugas memberikan rekomendasi pada MUI untuk mengeluarkan sertifikat halal. Sebab sertifikat halal hanya dikeluarkan MUI. "Jadi kita sifatnya mendukung MUI," tuturnya.
 
Sementara itu, Ketua Umum MUI, Din Syamsuddin menyambut baik pendirian Pusat Halal itu. "Kami menyambut baik didirikannya Pusat Halal Salman ITB. Kami yakin ini akan jadi salah satu pusat pelayanan, pengkajian, pemeriksaan produk halal di negeri yang mayoritas Islam ini," tegasnya Din. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,