Masjid di Suriah Meledak Tewaskan 25 Militan Al Qaeda

Masjid di Suriah Meledak Tewaskan 25 Militan Al Qaeda

Aleppo - Sedikitnya 25 anggota kelompok militan Front al-Nusra, 'sahabat' Al Qaeda tewas akibat ledakan di masjid di Provinsi Idlib, Suriah. Informasi itu disampaikan aktivis Lembaga Pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights.
 
Berdasarkan keterangan dari lembaga itu, puluhan orang lainnya terluka dalam ledakan yang terjadi di Kota Ariha tersebut. "Ketika ledakan terjadi, orang-orang tengah berkumpul di masjid menjelang buka puasa," demikian disampaikan kelompok pemantau seperti dikutip BBC, Sabtu (4/7/2015).
 
Sejauh ini penyebab ledakan pada Jumat waktu setempat itu belum diketahui. Namun seorang anggota senior al-Nusra yang bukan dari Suriah, dilaporkan tewas dalam ledakan di Masjid Salem. Ariha merupakan satu dari kota yang dikuasai pasukan pemerintah di Idlib ketika diambil alih pemberontak pada Mei lalu.
 
Aktivis tersebut menjelaskan, sebuah koalisi Islamis bernama Jaish al-Fateh (Tentara Penakluk) mengambil alih kota itu setelah sebuah penyerbuan. Sebelumnya, pemberontak mengklaim telah menguasai sejumlah kota di beberapa provinsi termasuk Idlib dan Jisr al-Shughour.
 
Sejak terjadi pemberontakan melawan Presiden Bashar al-Assad pada 2011, lebih dari 230 ribu orang diperkirakan tewas di Suriah. Sekitar 11,5 juta lainnya dari separuh populasi negara itu melarikan diri dari kampung halaman mereka, dan menjadi pengungsi di negeri tetangga. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,