Kopi Afrika Termahal di Dunia

Kopi Afrika Termahal di Dunia

Biji kopi di Morning Glory Coffee Academy diambil dari berbagai negara di dunia. (Foto: ADE)

Bandung – Dari berbagai jenis kopi yang ada di dunia, ternyata kopi yang berasal dari benua Afrika adalah kopi terbaik dengan harga paling mahal di seluruh dunia. Kopi dari benua Afrika ini bisa dijual dengan harga mulai 18 dolar hingga 30 dolar Amerika untuk kelas gold, yang setahun hanya menghasilkan panen sebanyak 600 Kg.

Menurut pakar kopi dari Morning Glory Coffe Academy, Nathanael Charis, dari hasil pertemuan pakar kopi dunia di Dublin, Irlandia, ternyata penghasil kopi terbaik di dunia kebanyakan dari perkebunan kopi yang berasal dari benua Afrika.

“Kopi Afrika itu terkenal memiliki kualitas yang baik, dan rasanya jauh lebih enak dibanding kopi dari negara atau benua lain. Kopi yang terkenal dari Afrika ada di perkebunan kopi Ethopia, dan Kenya,” info Nathanael di Setra Sari, Kota Bandung, Sabtu (25/10/2014).

Nathanael melanjutkan, keberhasilan pengelolaan industri kopi semua tergantung proses, karena mulai dari kopi ditanam di kebun, cara petik hingga cara pemrosesnya itu semua mempengaruhi rasa dan kualitas kopi.

“Kondisi tanah, waktu petik, cara memroses dan penggunaan air untuk mengolah itu bisa menyebabkan perbedaan rasa dan kualitas. Kenapa rasa kopi dari setiap daerah itu selalu berbeda karena kopi sangat berpengaruh dengan tanah sekitar. Rasa kopi bisa menjadi asam, manis, atau bahkan seperti jeruk, itu tergantung tanah yang ditanami,” lanjutnya.

Untuk memperoleh rasa kopi terbaik dan berkualitas dunia, seorang petani perlu memahami beberapa teori tentang penanaman, pemetikan, hingga pengolahan menjadi biji kopi. Kopi di Indonesia yang kini bisa disejajarkan dengan kopi Afrika adalah kopi dari Kabupaten Bandung. Harga kopi termahal asal Kabupaten Bandung bisa menembus  Rp 120.000,-/Kg. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,