Jabar Solusi Permasalahan Nasional

Jabar Solusi Permasalahan Nasional

Gedung Sate saat ini menjadi kantor pusat Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (Foto: Han)

Bandung - Jawa Barat dinilai mampu menjadi solusi bagi permasalahan di tingkat nasional, demikian diungkapkan  Asep Warlan Yusuf Guru Besar dan Pengamat Hukum Tata Negara dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), kepada wartawan Sabtu  (25/10/2014).

Asep menuturkan, dilihat dari segi geografis, geopolitik, dan berbagai potensi yang dimiliki Jabar menyebabkan  permasalahan yang ada di pusat disinkronkan dengan Jawa Barat, seperti masalah pangan, energi, infrastruktur, dan jasa.

"Hal ini terkait isu nasional seperti masalah pangan, energi, infrastruktur dan jasa, yang merupakan  permasalahan sebisa mungkin harus dihadapi oleh  nasional. Lain bila masalah tersebut langsung ditangani oleh tingkat nasional, yang  dipastikan sulit sekali menghadapinya," ungkapnya.

Dalam hal ini Asep menyatakan, bahwa keadaan Jawa Barat berada dalam posisi yang  strategis, sehingga memiliki kemampuan besar untuk membantu menyelesaikan semua permasahan nasional.

"Jabar bisa meng-handle semua masalah nasional, karena posinya yang strategis" imbuh Asep.

Jawa Barat bisa menjadi bantuan bagi Indonesia, tambah  Asep, bila Indonesia perlu bala bantuan dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang ada selama ini.

"Ketika Jabar diukur sebagai keberhasilan dan kegagalan, maka Jabar lah yang akan menjadi pahlawan jika berhasil, sekaligus kambing hitam jika gagal,” tutup Asep Warlan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,