Rumah Untuk Anak Korban Kejahatan Seksual

Rumah Untuk Anak Korban Kejahatan Seksual

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) akan membangun rumah aman untuk anak korban kejahatan seksual sebagai upaya memulihkan mental dan sosial korban.

Jakarta - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) akan membangun rumah aman untuk anak korban kejahatan seksual sebagai upaya memulihkan mental dan sosial korban.

"Rumah khusus anak korban kejahatan seksual ini mudah-nudahan di Jakarta sudah terbangun pada awal 2015 dan akan terus dikembangkan atau dibangun di masing-masing daerah," kata Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, di Jakarta, Sabtu (25/10/2014).

Rumah aman ini, kata Arist, juga dilengkapi berbagai fasilitas dan psikolog, pekerja sosial sebagai proses pemulihan dari dampak kejahatan yang dialami anak-anak.

"Selama ini pelaku-pelaku kejahatan seksual ini berasal dari rumah tangga, jadi tidak mungkin penyembuhan anak korban kejahatan ini yang mengalami depresi dan trauma berat dikembalikan ke rumahnya," ujarnya.

Menurut dia, rumah aman ini dibangun secara permanen sehingga anak korban kejahatan mendapatkan pelayanan sosial dan dapat disembuhkan dengan cepat.

"Jika anak terlalu lama mengalami depresi dan trauma sebagai dampak kejahatan, tentu akan berakibat buruk terhadap kejiwaan anak, misalnya mengakibatkan gangguan jiwa berat pada akhirnya merusak masa depan anak tersebut," ujarnya.(Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,