AS Janji Dukung Nigeria Bungkam Boko Haram

AS Janji Dukung Nigeria Bungkam Boko Haram

Washington - Amerika Serikat,Senin (6/7/2015) WIB, berjanji untuk mendukung Nigeria setelah serangkaian serangan teror mematikan yang dituduhkan pada Boko Haram, serta menyeru agar mereka yang bertanggung jawab diadili.

Kelompok Boko Haram telah meluncurkan serangkaian serangan di masjid, desa dan pasar di negara bagian Borno dalam beberapa hari terakhir sehingga merenggut lebih dari 200 nyawa.

Pada Minggu seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di dalam sebuah gereja di kota timur laut yang bergolak, Potiskum, dan menewaskan lima orang.

"Amerika Serikat mengutuk keras serangan baru-baru di Nigeria timur laut yang dilakukan oleh kelompok Boko Haram," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri John Kirby dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan terus mendukung upaya Nigeria untuk membawa mereka yang bertanggung jawab atas serangan tersebut, serta serangan sebelumnya, ke pengadilan," tambahnya. Ia menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga korban.

Boko Haram tampaknya tertarik untuk membuktikan bahwa mereka belum habis meskipun serangan militer koalisi empat negara melakukan operasi untuk mendorong mereka keluar dari beberapa kota dan desa-desa yang telah mereka kendalikan.

"Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, warga dari Nigeria utara layak untuk hidup bebas dari kekerasan dan dari aksi teror," kata Kirby.

Dia mencatat bahwa Washington menyediakan bantuan kontraterorisme untuk membantu pihak berwenang Nigeria melawan kelompok teror.

Dan Kirby memuji "kemajuan" militer Nigeria, serta pasukan dari Kamerun, Chad dan Niger, dalam melawan kelompok Boko Haram.

Sebuah koalisi empat negara --yang semuanya perbatasan Danau Chad, titik fokus dari kerusuhan Boko Haram-- melancarkan operasi militer terhadap kelompok itu awal tahun ini untuk mencoba merebut kembali beberapa wilayah yang telah mereka sita.

"Amerika Serikat bersama dengan rakyat Nigeria dalam perjuangan mereka melawan aksi kekerasan ekstremisme," kata Kirby.

"Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah Nigeria dan mitra internasional kami untuk memerangi Boko Haram dan membantu banyak korban dari Boko Haram." (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,