Ratusan Kios di Kahatex Dibongkar Paksa

Ratusan Kios di Kahatex Dibongkar Paksa

Bandung - Petugas gabungan tertibkan ratusan kios karena menyalahi aturan di kawasan industri Kahatex atau sepanjang jalan nasional Bandung-Garut, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (7/7/2015).

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat Udjwalaprana Sigit mengatakan penertiban kios dengan cara dibongkar paksa itu karena para pemiliknya tidak mematuhi imbauan sebelumnya untuk dibongkar sendiri.

"Keluhan, pasti banyak keluhan, tugas saya memberi imbauan, silahkan berdagang tapi jangan seperti ini (menyalahi aturan)," katanya.

Ia mengatakan, kios yang berjejer sepanjang jalan nasional depan industri Kahatex itu sudah lama berdiri yang keberadaannya mengganggu ketertiban umum.

Kios tersebut, lanjut dia, berdiri diatas trotoar, bahkan menggunakan badan jalan untuk berjualan sehingga mengganggu arus lalu lintas.

"Mengganggu ketertiban umum, jalan orang dipakai dagang, jalan mobil dipakai dagang," katanya.

Ia menegaskan, masyarakat diperbolehkan berjualan untuk mencari nafkah dengan nyaman, tetapi tidak dengan cara menyalahi aturan.

Jika pedagang menyalahi aturan, kata dia, maka kios tempat berjualannya terpaksa ditertibkan untuk kepentingan umum.

"Pedagang pingin yang nyaman dan enak tetapi menyalahi aturan, artinya gak mungkin dibiarkan," katanya.

Kios yang dibangun semi permanen itu ditertibkan oleh petugas gabungan Satpol PP Provinsi dan Kabupaten Sumedang, serta mendapatkan pengawalan dari kepolisian dan TNI.

Penertiban tersebut sudah mulai dilakukan, Selasa dini hari, pembongkaran masih berlangsung hingga menjelang siang.

Keberadaan pedagang yang berjualan di kawasan industri Kahatex tersebut disinyalir menjadi pemicu kemacetan di jalur nasional Bandung-Garut. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,