Pagar Betis Bisa Urai Kemacetan

Pagar Betis Bisa Urai Kemacetan

Gubernur, Kapolda, dan Pangdam saat berkoordinasi amankan Idul Fitri. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Kemacetan yang rutin terjadi setiap arus mudik dan arus balik, membuat jajaran kepolisian satuan lalu lintas harus cerdik mencari cara guna mengurai kemacetan. Strategi antisipasi mengurai kemacetan dengan metode pager betis, adalah cara ampuh yang dinilai Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan bisa mengurai kemacetan saat arus mudik atau arus balik berlangsung.

Menurut orang nomor satu di Jawa Barat ini, metode pagar betis telah sukses mengatasi kemacetan pada Lebaran tahun lalu. Cara ini bisa dipakai kembali guna mengatasi kemacetan saat arus mudik Lebaran mendatang.

“Tahun lalu metode pager betis terbukti bisa mengurai kemacetan saat arus mudik atau arus balik. Tahun ini pager betis juga harus diterapkan guna mengurai kemacetan saat mudik nanti," ungkap Ahmad Heryawan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2015 dalam rangka Pengamanan Idulfitri 1436 H di Lapangan Gasibu, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (9/7/2015).

Tahun 2014 lalu Polda Jabar menerapkan metode pager betis di jalur Pantura guna mengurai kemacetan, dan metode ini ternyata bisa mengatasi kemacetan dari Pantura Subang, Indramayu hingga Cirebon, dan Losari.

Aher menambahkan, metode pager betis melibatkan ribuan personel polisi untuk berjaga setiap 200 meter di sepanjang 193 KM jalur Utara Jawa Barat.

“Ini membutuhkan banyak petugas, tapi ini terbukti efektif, sepanjang jalur pantura Jawa Barat, polisi membantu mengurai kemacetan dengan berjaga di setiap 200 meter," kata Aher.

Ia mengimbau agar Polisi Daerah Jawa Barat meminta bantuan Mabes Polri untuk memback up personie menjaga jalur mudik di Jawa Barat.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol. Moechgiyarto mengatakan, sistem pager betis sangat cocok untuk diterapkan saat macet agar pengemudi bisa tertib dan tidak saling mendahului.

“Ini sangat cocok, para pengemudi bisa terpantau terus, jadi tidak ada saling serobot atau saling potong jalur yang bikin suasana tambah macet," cetusnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,