Kapolda Jabar, Ada 7 Titik Rawan Macet Saat Arus Mudik

Kapolda Jabar, Ada 7 Titik Rawan Macet Saat Arus Mudik

Kapolda Jabar, Irjen Pol. Moechgiyarto. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Kemacetan saat arus mudik memang sering terjadi setiap tahunnya, berbagai cara dilakukan polisi satuan lalu lintas untuk mengurai macet. Diantaranya dengan sistem pager betis dan buka tutup, namun itu terkadang masih saja menimbulkan antrian kendaraan yang lumayan panjang.

Menurut Kepala Polisi Daerah Jawa Barat, Irjen Pol. Moechgiyarto, di Jawa Barat ada 7 titik rawan macet pada saat arus mudik atau arus balik. Titik itulah yang harus mendapat perhatian khusus polisi agar kemacetan panjang bisa terhindari.

“Ada titik rawan kemacetan setiap tahunnya seperti di Simpang Cikopo, Simpang Mutiara, Simpang Lumbung (Cikampek), Pasar Eretan (Indramayu), Tegal Gubug, Tegal Parang, dan Pintul Tol Palimanan (Cirebon),” kata Irjen Pol. Moechgiyarto Heryawan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2015 dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1436H di Lapangan Gasibu, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (9/7/2015).

Selain titik rawan kemacetan, bagi satuan polisi lalu lintas ada juga titik rawan kecelakaan. Seperti di jalur Selatan Jawa Barat menuju Jawa Tengah, ada beberapa titik rawan kecelakaan diantarannya sekitaran Tanjakan Gentong, Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, dan wilayah Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

“Pengendara dan kendaraan harus fit agar kecelakaan bisa dihindari. Terutama bagi pengendara motor tubuh harus sehat dan jangan mengantuk, jika mengantuk sebaiknya segera menepi beristirahat,” paparnya.

Selain mengurai macet, Polisi juga ditugasi menjaga keamanan masyaraka saat Lebaran nanti, Polisi Daerah Jawa Barat telah mengantisipasi berbagai gangguan keamanan dengan menurunkan ribuan personil untuk menjaga kondusifitas saat Lebaran di Jawa Barat.

“Untuk arus mudik kita bisa berlakukan sistem terbuka dan tertutup sedangkan untuk keamanan kita akan melakukan pengamanan tertutup di sekitar objek vital. Tim penembak jitu pun akan dikerahkan di beberapa titik untuk jaga keamanan,” ungkapnya

Sementara Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Sulistyo Pudjo Hartono, menghimbau agar masyarakat saat menggunakan kendaraan sewaktu mudik untuk patuh terhadap rambu lalu lintas dan arahan petugas polisi agar kemacetan tidak terjadi.

“Pengemudi harus tertib, biar kemacetan bisa terurai. Polisi akan sulit atasi macet jika pengemudi tidak tertib dan saling serobot,” himbau Kombes Pol. Pudjo panggilan akrabnya.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,