Puskesmas dan Rumah Sakit di Jalur Mudik Buka 24 Jam

Puskesmas dan Rumah Sakit di Jalur Mudik Buka 24 Jam

Bandung – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menghimbau agar Puskesmas dan Rumah Sakit di sekitaran jalur mudik harus buka 24 jam untuk mengantisipasi bila terjadi kecelakaan atau ada kejadian yang menelan korban atau cedera.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jawa Barat sudah merekomendasikan kepada seluruh rumah sakit dan puskesmas di Jawa Barat selama masa Lebaran hingga berakhirnya arus balik untuk buka full 24 jam.

"Jadi Insya Allah untuk rumah sakit dan puskesmas di Jawa Barat kita siapkan buka 24 jam. Apalagi rumah sakit di sekitar jalur mudik, itu lebih utama, jadi petugas kesehatan selama Lebaran tidak ada libur,” aku Ahmad Heryawan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2015 dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1436 H di Lapangan Gasibu, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (9/7/2015).

Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan menambahkan, selain rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta pun di himbau harus siaga 24 jam untuk melayani kesehatan masyarakat terutama untuk para pemudik. “Rumah sakit swasta pun sudah dihimbau untuk buka full termasuk rumah sakit TNI atau Polri,” tambahnya.

Jalur mudik yang rawan kecelakaan memerlukan penanganan khusus oleh tenaga medis atau puskesmas, rumah sakit untuk menangani secara langsung korban lakalantas.

“Di daerah rawan kecelakaan membutuhkan layanan kesehatan yang siaga full 24 jam. Ini sangat penting untuk pertolongan pertama korban kecelakaan agar tidak menelan korban jiwa,” paparnya.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,