Servis Kendaraan Meningkat Jelang Libur Lebaran dan Mudik

Servis Kendaraan Meningkat Jelang Libur Lebaran dan Mudik

Jelang arus mudik bengkel kendaraan bermotor sudah ramai dan mengantri, banyak warga melakukan mengecekan dan service persiapan mudik. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi dimanfaatkan warga untuk menyervis kendaraan bermotor, agar tetap nyaman dipakai untuk berlibur dan mudik Lebaran. Banyak orang berbondong-bondong ke bengkel hanya untuk mengecek kendaraannya, agar terhindar dari kerusakan saat mudik.

Berdasarkan pantauan di bengkel resmi Toyota Wijaya Motor, di Jl. A.Yani, Kota Bandung misalnya, peningkatan jasa servis mobil Toyota sudah terlihat ramai.

Menurut Public Relation, PT. Wijaya Motor Lestari, Lia, permintaan servis meningkat sejak 2 pekan terakhir menjelang Idul Fitri. Kebanyakan pelanggan yang datang hanya melakukan service berkala untuk persiapan libur  dan mudik. 

Semakin mendekati liburan  dan masa mudik pelanggan diimbau untuk memesan terlebih dahulu jika hendak menyervis mobilnya. "Setiap hari full, jadi kalau servis harus pesan sehari sebelum,” ungkapnya saat ditemui belum lama ini.

 

Peningkatan yang terjadi di bengkelnya diperkirakan naik 30  - 40 persen. Apalagi seminggu menjelang Idul Fitri, setiap harinya bisa mencapai 40 hingga 45 unit mobil. Untuk menjaga kualitas pelayanan, pihaknya mengerahkan 25 mekanik plus 3 orang pengawas, untuk memantau proses perbaikan mobil. Selain itu bengkel menambah jam operasional dengan tetap buka di hari libur.

Masih kata Lia, mengenai tarif jasa service selama menjelang libur Idul Fitri dan masa mudik, memang tidak mengalami kenaikan. Justru selama program Idul Fitri ada diskon.

“Bagi pemilik mobil Toyota yang datang ke bengkel resmi untuk servis berkala, pada periode ini akan diberi potongan harga. Antara lain untuk onderdil dan aksesori, juga diskon untuk ganti oli dan  busi. Sedangkan untuk jasa servis di atas 100.000 km, diberi diskon, namun di bawah 100.000 km mendapatkan diskon lebih kecil,” katanya.

Setali tiga uang, di bengkel motor Yamaha di Jl. Surapati, Bandung, jumlah pengunjung yang melakukan servis juga terus meningkat.

Staf  bengkel Yamaha Tri Duta, Pras menerangkan, dua pekan menjelang Idul Fitri jumlah servis motor mengalami kenaikan hingga 50 persen. Dari hari biasa yang hanya 50 sepeda motor, kini  melonjak sampai 75 motor.

“Kebanyakan pelanggan datang untuk melakukan servis berkala, ganti kanvas rem, ganti oli, dan servis CVT (Continuously Variable Transmission). Selama masa libur Idul Fitri dan masa mudik, pihaknya mengaku menambah stok onderdil seperti kanvas rem, oli hingga dua kali lipat,” terangnya.

Dengan  8 mekanik dan 1 orang Kepala Bengkel, dia meyakini sanggup menyervis 1 sepeda motor selama 30 - 40 menit. Untuk jenis motor yang banyak diservis, menurut Pras masih didominasi oleh motor matik Yamaha Mio.

Dia juga menyarankan, jika hendak berpergian jauh atau mudik ke tempat jauh dengan motor Mio, pengendara harus melakukan servis dan ganti oli terlebih dahulu. Selain kanvas rem, pengecekan CVT juga menjadi prioritas yang harus diperhatikan.

“Pengendara harus memperhatikan cara memainkan gas ketika macet, karena jika asal ngegas, dikhawatirkan kopling otomotisnya akan cepat rusak,” paparnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,