Kepuasan Masyarakat pada Jokowi Jauh di Bawah SBY

Kepuasan Masyarakat pada Jokowi Jauh di Bawah SBY

Jakarta Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan tren penilaian yang rendah dari masyarakat terhadap Presiden Jokowi, khususnya dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi dan hukum.
 
Alhasil, kepuasan masyarakat kepada Jokowi menunjukkan angka yang jauh di bawah Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jika tahun pertama SBY menjabat tingkat kepuasannya mencapai 70 persen, maka Jokowi hanya memperoleh angka 40,7 persen.
 
Survei tersebut dilakukan pada 25 Mei-2 Juni 2015 dengan judul "Evaluasi Publik Nasional Setahun Presiden Jokowi" menggunakan sampel yang dipilih secara multistage random sampling. Hasil survei terhadap 1.220 responden dari 34 provinsi itu punya margin of error kurang lebih 2.9 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
 
Lebih mengejutkan lagi, pada tahun pertama Jokowi juga masih kalah dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan SBY pada tahun pertama periode kedua. Saat itu, SBY mendapat nilai sebesar 66 persen.
 
"Masa bulan madu Jokowi dan rakyat sudah berakhir, dan dalam waktu yang jauh lebih cepat dibandingkan periode yang hampir sama, tingkat kepuasan atas kinerja SBY masing-masing di atas 60 persen," kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan di Jakarta, Kamis (9/7/2015).(Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,