Sultan Gelar "Open House" pada 22 Juli

Sultan Gelar

Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X akan menggelar open house atau halalbihalal Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah di Bangsal Kepatihan Yogyakarta pada 22 Juli 2015.

"Open house terbuka untuk umum siapapun yang ingin datang berjabat tangan dengan Sultan," kata Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Iswanto di Yogyakarta, Jumat (10/7/2015).

Ia mengatakan, acara open house yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB tersebut digelar bersamaan dengan hari pertama masuk kerja pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah DIY setelah menjalani cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, open house terbuka untuk masyarakat umum, para pedagang, para pegawai pemerintah DIY, termasuk awak media massa di DIY. 

"Diperkirakan yang datang mencapai dua ribu sampai tiga ribu orang," kata dia.

Menurut Iswanto, dalam acara itu Sultan akan berjabat tangan dengan warga didampingi oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX.

Menurut dia, warga maupun pegawai yang hadir diharapkan berpakaian sopan, tidak mengenakan kaus, serta tidak menggunakan sandal jepit. "Mereka juga diharapkan datang satu jam sebelum acara dimulai," kata dia.

Setelah berhalabihalal dan berjabat tangan dengan Sultan, ia mengatakan, warga DIY yang hadir dipersilakan menikmati hidangan yang telah disediakan. 

"Mengacu tahun-tahun sebelumnya hidangan biasanya berupa aneka jenang, soto, serta bakso. Mudah-mudahan nanti tidak banyak perubahan," kata dia.

Selain menggelar open house, kata dia, Sultan juga akan mengadakan syawalan atau silaturahmi dengan para pegawai dan pejabat-pejabat di lingkungan Pemerintah DIY pada 30 Juli 2015, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Kidul (23/7).

Selanjutnya, dengan pegawai dan pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta (24/7), Pemkab Bantul (26/7), silaturahmi dengan Abdi Dalem Keprajan (29/7), Pemkab Kulon Progo (30/7), dan dengan Pemkab Sleman (4/8).(Ode)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,