Panel Surya Sumber Energi di Jalan Tol

Panel Surya Sumber Energi di Jalan Tol

Bandung - Panel surya atau tenaga listrik tenaga surya menjadi sumber energi yang potensial dan cocok untuk penerangan di jalan tol dan penerangan umum.

"Panel listrik tidak memerlukan kabel atau jaringan ke tiang listrik karena langsung menggunakan panel. Teknologi ini cocok untuk penerangan di jalan tol dan jalan umum yang jauh dari akses jaringan listrik PLN," kata Manager Komunikasi PT Len Industri Dony Gunawan di Bandung, Jumat (10/7/2015).

Ia menyebutkan, Len telah berkontribusi memasang panel listrik di sejumlah ruas jalan tol di Indonesia, termasuk di jalur-jalur jalan yang tidak terlewati jaringan listrik PLN.

Menurut dia panel sury produk BUMN Strategis itu telah menjadi salah satu sumber energi bagi penerangan di Tol Purbaleunyi, Lingkar Nagreg, Tol Cikampek dan di sejumlah titik jalan tol lainnya.

"Biasanya jalan tol itu melewati jalur yang tidak terakses litrik, dan panel surya menjadi menjadi solusi," katanya.

Meski demikian, kecenderungan pertumbuhan penggunaan panel surya tidak setinggi pertumbuhan pengguna litrik dari jaringan PLN.

"Panel surya masih dianggap barang mahal, padahal dari sisi efesiensi energi baru terbarukan panel surya itu jauh lebih efektif," katanya.

Terkait kesiapan Len untuk menjadi mitra pemasok energi panel surya untuk jalan tol, termasuk Tol Cikopo - Palimanan yang menurut Dony tidak ada masalah.

"Saat ini di tol Cikapali kita belum masuk, mudah-mudahan ke depan kita bisa berpartisipasi," katanya.

Dari sisi produksi, menurut dia, Len mampu memproduki 10MW panel surya per tahun. Saat ini produk Len selain digunakan di penerangan jalan umum dan tol, juga dalam program pengadaan listrik di daerah terpencil Indonesia.

"Di NTB Len memiliki pembangkit listrik surya yang dipasok ke PLN, dan selama ini panel surya juga banyak membantu masyarakat khususnya yang belum terakses jaringan listrik PLN," kata Doni menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,