Takbir Keliling Tidak Dilarang

Takbir Keliling Tidak Dilarang

Ilustrasi.(Net)

Bandung - Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Angesta Romano Yoyol mengatakan tidak ada larangan bagi warga untuk melakukan takbir keliling saat malam takbiran nanti.

Namun dirinya mengimbau agar warga memperhatikan keamanan dalam melakukan takbir keliling.

Hal tersebut diungkapkannya kepada wartawan di Mapolrestabes, Jalan Jawa Kota Bandung Sabtu (11/7/2015).

"Sementara nggak ada larangan, hanya imbauan keamanan saat melakukan takbir keliling," bebernya.

Yoyol menjelaskan, warga yang akan melakukan takbir keliling harus memastikan keamanan baik untuk diri sendiri mau pun lingkungan sekitar.

Salah satu halyang diimbau, yaitu terkait penggunaan kendaraan untuk takbir keliling. Warga yang akan melakukan takbir keliling nantinya diharapkan tidak menggunakan mobil bak terbuka untuk pawai.

"Kita tidak bisa melarang orang. Kita mengimbau supaya demi keselamatan agar tidak menggunakan mobil pick up," jelasnya.

Terkait masalah keamanan jelang Lebaran, Yoyol juga mengatakan pihaknya akan menjaga keamanan rumah-rumah kosong yang ditinggal pemiliknya untuk mudik. Yoyol mengatakan pihaknya telah mengerahkan personel Babinkamtibmas untuk keperluan pengamanan rumah-rumah kosong.

"Selama ini crowded, kita akan siapkan personel di sana," ujar Yoyol.

Yoyol juga menjelaskan sejauh ini belum ada rencana pemberlakuakn pengalihan arus lalu lintas untuk mencegah kepadatan pusat kota selama momen Lebaran berlangsung. Ia menyatakan pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional. Jika situasi lalu lintas tidak memungkinkan, Yoyol mengatakan pihaknya sudah memiliki alternatif bagi warga.

"Kalau dari situasionalnya tidak memungkinkan, baru kita arahkan arus. Alternatif ada. Tapi, tidak dari awal kita ubah arusnya," jelas Yoyol. (Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,