Luar Biasa, Dinsos Jakarta Temukan Lagi Pengemis Berpenghasilan Jutaan Rupiah

Luar Biasa, Dinsos Jakarta Temukan Lagi Pengemis Berpenghasilan Jutaan Rupiah

Ilustrasi.(Net)

Jakarta - Seorang pengemis yang berhasil mengumpulkan uang Rp4.490.000 dalam tiga pekan sejak awal bulan Ramadhan 2015 berhasil ditangkap Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. 

Wanita bernama Nunung Suryadi (56) asal Yogjakarta yang bertempat tinggal sementara di Kebayoran Lama itu tertangkap di daerah Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Sabtu (11/7/2015) petang 

"Ramadhan ini kami memang lagi gencar melakukan penjangkauan terhadap pengemis. Makanya belakangan banyak kita dapati pengemis dengan penghasilan tinggi," kata Kismoyohadi, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan terkait pengemis itu, Sabtu. 

Kismoyohadi menjelaskan Nunung akan dibina di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur, sementara uang hasil mengemis itu akan disimpan untuk sementara kemudian akan diberikan ketika masa pembinaan selesai. 

Sebelumnya pada Jumat (10/7), Suku Dinas Sosial Jakarta Timur berhasil mengamankan pengemis wanita bersama anaknya asal Cikamurang, Subang Jawa Barat, yang membawa uang Rp 5 juta dan perhiasan emas senilai Rp30 juta di kawasan Cipinang.

Kismoyohadi melanjutkan, pihaknya tidak hanya melakukan penjagaan di beberapa titik rawan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) namun siap menjangkau jika ada laporan dari masyarakat.

"Masyarakat biasa melapor lewat media sosial, ada juga aplikasi Qlue (aplikasi ponsel pintar untuk pelayanan kota). Ketika ada laporan dari masyarakat, maka kita tindak langsung di lapangan. Ada petugas kami yang melakukan monitoring di lapangan," imbuh Kismoyo.

Untuk itu Dinas Sosial meminta masyarakat tidak memberikan uang kepada pengemis melainkan ke lembaga resmi supaya uang sumbangan tepat sasaran. (AY)

.

Categories:Unik,
Tags:unik,