Aktifitas Gunung Raung Meningkat Muntahkan Lava Pijar

Aktifitas Gunung Raung Meningkat Muntahkan Lava Pijar

Jakarta - Sejak dinaikkan statusnya menjadi Siaga atau Level III,aktivitas Gunung Raung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Jawa Timur terus meningkat tak pernah berhenti memuntahkan lava pijar.
 
Asap vulkanik kelabu tampak di atasnya dengan ketinggian 400-500 meter tertiup angin ke selatan barat daya. Terdengar pula suara gemuruh lemah hingga keras dan terlihat sinar api di puncak kawah.
 
"Hujan abu hitam juga jatuh di sekitar Pos Pengamatan Gunung Raung yang berjarak 14 km arah tenggara dari gunung. Status tetap Siaga dan radius di dalam 3 km tidak boleh ada aktivitas masyarakat," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (11/7/2015).

Sementara itu, hujan abu tipis juga terjadi di Kecamatan Songgon, Sempu, Kalibaru, Rogojampi, Licin, Kalipuro, Wongsorejo dan Glenmore di Kabupaten Banyuwangi. Ribuan masker telah dibagikan kepada masyarakat.
 
"Hingga saat ini masyarakat belum perlu mengungsi. Namun BPBD Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember, dan Situbondo sudah menyiapkan upaya kesiapsiagaan dan antisipasi jika terjadi kenaikan aktivitas Gunung Raung," kata Sutopo. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:bencana,