Selama Ramadan Persediaan Darah di PMI Menurun

Selama Ramadan Persediaan Darah di PMI Menurun

Bandung – Pesediaan darah di PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Bandung selama Ramadan mengalami penyusutan, padahal biasanya PMI memiliki persediaan darah lebih dari cukup. Menurut Wakil Sekretaris PMI Ace Kusnadi, persediaan darah saat ini sekitar 800 labu, sedangkan biasanya mencapai lima ribu labu. 
 
“Saat ini PMI Kota Bandung telah kekurangan golongan darah A dan AB,” ungkapnya, Minggu (12/7/2015). Ace menjelaskan, tidak hanya kekurangan golongan darah itu tapi stok trombosit juga kurang. Kurangnya persediaan labu darah PMI Kota Bandung, disebabkan sedikitnya warga yang mendonorkan darahnya selama Ramadan. 
 
“Untuk menyiasati hal itu kami memberdayakan mobil unit sebagai tempat donor darah mobile, supaya stok darah aman kembali,” tuturnya.
Mobil unit ini akan 'menjemput bola' dan mendatangi berbagai masjid yang sudah menjalin kesepakatan sebelumnya, untuk mencari pendonor darah. Mobil unit ini mendatangi masjid-masjid usai pelaksanaan salat tarawih.

Selain mendatangi masjid, mobil unit ini juga mendatangi gereja-gereja di Kota Bandung. Mengingat persediaan darah yang menipis, mobil unit tidak hanya menyambangi gereja pada hari Minggu di mana jamaah yang datang banyak jumlahnya. Mobil unit juga mendatangi gereja di hari-hari biasa.

Ace menjelaskan, total mobil unit yang diberdayakan PMI Kota Bandung untuk menjadi tempat donor darah keliling berjumlah enam unit. Namun, tidak semua mobil unit diberdayakan dalam satu hari. Dalam satu hari, mobil unit yang diberdayakan untuk donor darah keliling disesuaikan dengan agenda yang ada.

Terkait mobil unit, menurut Ace tiap unit menargetkan sekitar 40 pendonor. Namun karena kebutuhan untuk persediaan, mobil unit tetap beroperasi meski pendonor yang datang setengah dari target. "Mobil keliling tersebut bisa membantu persediaan hingga 30 persen," tambah Ace.

Di tengah keterbatasan persediaan labu, Ace memperkirakan permintaan atau kebutuhan darah di Kota Bandung akan meningkat jelang Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun peningkatan kebutuhan itu tidak akan melonjak drastis. Ace optimistis stok labu darah PMI Kota Bandung kembali seperti semula pascalebaran. "Biasanya H+7 persediaan darah akan kembali normal," terang Ace. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,