Hutan Lindung di Gunung Kawi Malang Terbakar

Hutan Lindung di Gunung Kawi Malang Terbakar

Malang - Hutan lindung petak 193 lereng timur selatan Gunung Kawi di Malang, Jawa Timur dilanda kebakaran. Sedikitnya ada tiga titik api menyala dengan luas areal hutan terbakar mencapai 10 hektar,  dan berpotensi terus meluas.
 
"Memang titik kebakaran jauh dari permukiman penduduk. Kini ada tim berjumlah 60 orang terdiri atas masyarakat sekitar dan petugas Perhutani Malang tengah berupaya memadamkan api," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setyono,  Senin (13/7/2015) dinihari.
 
Sementara itu, upaya pemadaman dilakukan dengan membuat sekat bakar untuk melokalisir titik api agar tidak meluas. Apalagi saat malam hari angin bertiup kencang dan menyebabkan sulitnya pemadaman. Titik kebakaran sendiri cenderung terus meluas ke arah utara timur.
 
Adapun titik api kali pertama terlihat pada Sabtu lalu dalam skala kecil namun terus meluas. Diduga, penyebab utama terjadinya kebakaran ini faktor kelalaian manusia. "Dugaan sementara akibat kelalaian manusia," tegas Bagyo.
 
Kebakaran hutan lindung di kawasan gunung setinggi 2.551 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, terakhir kali terjadi pada 2011 silam. Saat itu butuh waktu hampir seminggu untuk memadamkan api, dengan luas areal hutan lindung yang terbakar mencapai lebih dari 100 hektar. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,