Jabar Dorong Perluasan Kota Cimahi

Jabar Dorong Perluasan Kota Cimahi

Gubernur Jawa Barat, Aher saat diwawancarai wartawan. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Sunatra menyatakan siap mendorong perluasan wilayah Pemerintah Kota Cimahi untuk menumbuhkembangkan ekonomi lebih baik di daerah tersebut.

"Pertumbuhan Cimahi sebenarnya sangat baik dalam perkembangan ekonomi, tetapi sulit berkembang sebab luas lahannya terbatas," kata Sunatra di Cimahi.

Ia menuturkan bahwa penataan sebuah wilayah perkotaan perlu didukung oleh luas lahan yang cukup.

Sejak diresmikan sebagai Daerah Otonomi Baru 2001, kata dia, Kota Cimahi hanya memiliki tiga kecamatan sehingga dinilai tidak representatif.

"Sejak awal pembentukan Kota Cimahi, saya menyampaikan kalau luas kota ini harus ditambah, tapi tidak dihiraukan, ya akhirnya seperti ini," katanya.

Ia mengatakan beberapa tahun lalu sempat ada wacana pengembangan Kota Cimahi ke daerah utara, seperti Cisarua, Parongpong, dan Lembang.

Namun rencana itu, kata dia, kandas karena wilayah utara berbeda karakter dengan Kota Cimahi, yakni karakter desa.

Menurut dia, perluasan Kota Cimahi dapat diarahkan ke timur yang memiliki karakter hampir sama.

"Yang paling cocok yaitu Margaasih dan Margahayu Kabupaten Bandung, karena karakternya tidak terlalu beda dengan masyarakat Cimahi," kata politisi Partai Gerindra itu.

Ia berharap dorongannya itu mendapat tanggapan serius dari DPRD Kota Cimahi untuk terus berjuang memperluas Kota Cimahi.

"Nanti saya akan berjuang di DPRD Jawa Barat agar itu terwujud," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,