Mudik Bareng Kurangi Angka Kecelakaan di Jalan Raya

Mudik Bareng Kurangi Angka Kecelakaan di Jalan Raya

Jakarta - Program mudik bareng dapat mengurangi angka kecelakaan dalam perjalanan mudik Lebaran, kata Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat Korlantas Polri Komisaris Besar Pol Pujiyono Dulrahman.

"Dengan adanya acara mudik bareng yang diselenggarakan oleh sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau swasta bisa mengurangi angka kecelakaan," kata Pujiono pada acara Bareng-Bareng Mudik Pertamina di Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Menurut dia, program mudik bareng bisa mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, kecelakaan terbanyak saat perjalanan mudik lebaran berasal dari sepeda motor.

"Dengan adanya mudik bareng ini bisa mengurangi jumlah pengendara roda dua, karena hampir 80 persen kecelakaan menimpa pengendara roda dua," kata Pujiyono.

Ia menjelaskan bahwa total jumlah kecelakaan telah menelan 28.397 korban jiwa dari sekitar lebih dari 100 ribu peristiwa kecelakaan dalam setahun.

Oleh karena itu, lanjut Pujiyono, program mudik bareng sangat membantu mengurangi kecelakaan dan korban jiwa saat mudik lebaran.

"Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena program mudik bareng membantu saudara-saudara kita yang akan bertemu keluarga di kampung halaman," kata dia.

Pertamina menyiapkan 81 armada bus untuk 4.806 orang pemudik. Dari sejumlah bus tersebut, sebanyak 65 bus memberangkatkan 3.906 orang pemudik hari ini, 10 bus memberangkatkan 570 orang dalam program mudik bareng BUMN, dan enam bis memberangkatkan 330 pemudik dalam program mudik bareng Kementerian ESDM.

Program mudik bertujuan ke 26 kota yang berada di jalur utara Jawa seperti Cirebon-Tegal-Pemalang, Pekalongan-Semarang-Kudus, Rembang-Tuban-Lamongan-Surabaya.

Sedangkan jalur selatan Jawa meliputi Garut-Tasik-Ciamis-Banjar-Majenang, Yogya-Wonogiri, Solo-Madiun-Mojokerto.

Ada pun jalur Palembang meliputi Merak-Bakauheni-Kalianda-Bandar Lampung-Kota Bumi-Baturaja-Palembang. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,