Pemudik di Terminal Pasir Hayam Mengalami Peningkatan

Pemudik di Terminal Pasir Hayam Mengalami Peningkatan

Ilustrasi.(Net)

Cianjur - Jumlah penumpang di terminal Pasir Hayam, Cianjur, mengalami peningkatan tajam, terutama penumpang dengan tujuan Cianjur selatan.

Peningkatan jumlah penumpang yang sebagian besar perantau asal Cianjur dari berbagai wilayah di Jabodetabek yang hendak merayakan Idul Fitri di kampung halamannya masing-masing, terlihat menjelang malam.

Dimana penumpukan penumpang terlihat di luar terminal tepatnya di terminal bayangan angkutan Cianjur selatan. Jumlah mereka mencapai ratusan dengan tujuan sejumlah kecamatan di wilayah tersebut. Mereka hendak melanjutkan perjalanan ke kampung halamanya mengunakan minibus jenis elf.

Melonjaknya penumpang yang hendak mudik ke wilayah selatan itu, telah terjadi sejak H-6 lebaran. Jumlah penumpang yang sebagai besar pemudik itu, terus melonjak ketika malam menjelang, sehingga sejumlah pengusaha angkutan jurusan selatan, menambah armadanya.

"Peningkatan penumpang yang hendak mudik ke wilayah selatan, akan terlihat meningkat ketika malam menjelang. Jumlahnya hampir merata ke 16 kecamatan yang ada di wilayah tersebut seperti Tanggeung, Cibinong, Kadupandak, Cijati, Sindangbarang, Cidaun dan Naringgul," kata Deni Siswandi (35) pemilik angkutan di Cianjur, Senin.

Dia menuturkan, meningkatnya jumlah penumpang tersebut, membuat pihaknya menambah armada agar dapat terlayani seluruhnya, dimana dalam satu hari 17 armada miliknya melayani ratusan penumpang dengan berbagai tujuan ke wilayah selatan.

Sementara itu, arus kendaraan dengan ciri khas mudik dengan tujuan Cianjur selatan, mengalami hal yang sama. Peningkatan tersebut terlihat menjelang malam dan dini hari,dimana kendaraan yang mendominasi jenis roda dua dan empat.

"Untuk volume kendaraan baru mengalami peningkatan dini hari tadi dan sore ini. Kami memperkirakan volume kendaraan dengan tujuan Cianjur selatan akan mengalami puncaknya pada H-1 lebaran," kata Maman anggota Polsek Cilaku yang bertugas di depan Terminal Pasir Hayam.

Beberapa hari menjelang hari raya, tambah dia, pihaknya disiagakan disejumlah pertigaan dan perempatan, guna mengantisipasi terjadinya antrian panjang kendaraan menuju dan dari arah selatan. Bahkan pihaknya mengimbau pemudik dengan kendaraan bermotor untuk beristirahat di sejumlah polsek sebelum melanjutkan perjalanan.(AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,