NASA Unggah Foto Planet Pluto

NASA Unggah Foto Planet Pluto

Jakarta - Satelit yang diluncurkan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Januari 2006 New Horizons mengambil foto planet Pluto yang kemudian diunggah NASA dalam akun resmi instagramnya @nasa.

Gambar yang diunggah NASA tersebut memiliki resolusi yang tinggi, sehingga nampak jelas permukaan Pluto yang berwarna coklat keemasan.

"Ini adalah gambar terbaru dan paling jelas dari Pluto, dikirim ke bumi saat satelit berada pada posisi terdekatnya, pukul 7:49 EDT Selasa - sekitar 7.750 mil di atas permukaan - kira-kira jarak yang sama dari New York ke Mumbai, India," tulis NASA.

"Ini merupakan misi ruang angkasa pertama dan terjauh dari Bumi dalam menjelajahi dunia," sambung NASA.

Gambar yang menakjubkan dari Pluto tersebut diambil dari New Horizons pukul 16.00 EDT pada 13 Juli, sekitar 16 jam sebelum pendekatan terdekat pesawat ruang angkasa itu, atau berada pada 476.000 mil (766.000 kilometer) dari permukaan Pluto.

Satelit New Horizons sendiri telah melakukan perjalanan lebih dari 9 tahun dan 3+ miliar mil. Satelit tersebut diluncurkan NASA untuk mempelajari Pluto, dan saat ini merupakan satelit terdekat dengan planet kecil itu.

NASA berencana merilis foto saat New Horizons berada pada jarak terdekat dengan Pluto pada 15 Juli 2015. (AY)

.

Categories:Infotech,
Tags:,