Andrea Hirata Raih Gelar Doktor Kehormatan

Jakarta - Novelis ternama Tanah Air Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun atau yang disapa dengan Andrea Hirata berhasil meraih gelar doktor kehormatan (honoris causa) di bidang sastra dari Universitas Warwick Inggris.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (15/7/2015), gelar kehormatan tersebut didapatnya karena kontribusinya dalam kesusasteraan internasional selama delapan tahun terakhir.

Universitas Warwick merupakan satu dari 10 universitas unggulan di Inggris.

Pada pidato sebelum penganugrahan gelar doktor pada Andrea Hirata, Profesor Jan Palmowski dari Universitas Warwick mengatakan bahwa Andrea Hirata telah menarik perhatian dunia terhadap sastra Indonesia dan karyanya telah memberi pengaruh tidak hanya di Indonesia namun di banyak negara.

Andrea Hirata telah berkiprah dalam penerbitan buku dalam skala internasional, dan aktif dalam berbagai festival buku dan pengajaran sastra di kampus-kampus di luar negeri.

Novel pertama Andrea Hirata, Laskar Pelangi, telah diterjemahkan ke 34 bahasa asing dan diterbitkan di lebih dari 130 negara oleh penerbit-penerbit terkemuka. Novel edisi keduanya Der Traumer telah pula diterjemahkan ke dalam banyak bahasa asing. Saat ini Andrea Hirata sedang menyiapkan novel ketiganya untuk terbit di luar negeri dengan judul Father.

Penghargaan tersebut, merupakan penghargaan ketiga Andrea dalam sastra internasional. Sebelumnya dia menjadi pemenang pertama Buchaward 2013 di Jerman untuk novelnya Die Regenbogen Truppe yang diterbitkan oleh Hanser Berlin dan pemenang pertama New York Book Festival 2013 kategori fiksi umum untuk novelnya The Rainbow Troops.

Selain Andrea Hirata, sejumlah pesohor seperti sutradara terkenal asal Inggris, Mike Leigh, juga penerima doktor honoris causa dari universitas tersebut. (AY)

.

Categories:Hot Seleb,
Tags:,