Cuaca Panas Ratusan Suami-Istri pun Bercerai Tiap Hari

Cuaca Panas Ratusan Suami-Istri pun Bercerai Tiap Hari

Ilustrasi.(Foto:Net)

Guangzhou - Berdasarkan laporan dari petugas catatan sipil di Kota Guangzhou, Cina tingkat perceraian di kota ini sedang tinggi-tingginya akhir-akhir ini. Bahkan, instansi yang berwenang pun sampai kewalahan menangani permintaan cerai, yang nyaris mencapai 100 pasangan setiap hari.
 
Seperti dilaporkan AsiaOne, baru-baru ini pelayanan di enam loket setiap harinya disiagakan untuk melayani talak. Para petugas sampai dilatih dan dikondisikan untuk secepat mungkin mengeluarkan surat cerai. 
 
Apabila pengadilan menyetujui perceraian tersebut, bukti tertulis dapat dikeluarkan kurang dari dua jam. "Para petugas kami bekerja secara nonstop," kata pimpinan Dinas Catatan Sipil Guangzhou.
 
Tren meningkatnya perceraian di Cina terjadi tidak hanya di Guangzhou. Sejak tahun 2009, fenomena sosial serupa terjadi juga di Kota Shanghai, Zheijiang, Liaoning, Hunan, Tianjin, maupun Chongqing.
 
Berdasarkan analisis sementara yang dilaporkan South China Morning Post, cuaca termasuk pemicu para pasangan cek-cok sampai akhirnya memutuskan untuk mengakhiri janji suci pernikahan mereka.
 
"Memasuki libur musim panas, keluarga akan lebih sering bertemu kemudian banyak melakukan pekerjaan rumah bersama, termasuk merawat anak ataupun lansia. Perselisihan suami-istri biasanya timbul saat suasana gerah seperti itu," kata Konsultan Pernikahan dari Guangzhou, Jia Hongwu.
 
Memang, faktanya pada Juni sampai September adalah musim sibuk cerai di Cina. Lebih unik lagi, setelah ujian masuk universitas atau penerimaan SMA selesai digelar, lebih banyak orang tua di Negeri Tirai Bambu itu mengajukan perceraian.
 
"Ketika masa depan anak sudah jelas, para orangtua yang memang sudah tidak cocok merasa bisa lebih jujur soal hubungannya. Mereka tak lagi harus berpura-pura akur agar tidak mengganggu konsentrasi belajar anaknya menjelang ujian," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,