Dana Renovasi Masjidil Haram Capai Ratusan Triliun Rupiah

Dana Renovasi Masjidil Haram Capai Ratusan Triliun Rupiah

Mekkah - Sedikitnya lima proyek sebagai bagian dari tiga tahap pengembangan Masjidil Haram Mekkah dicanangkan oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. Apabila seluruh proyek tersebut rampung dikerjakan, maka masjid tersebut akan mampu menampung lebih dari 1,6 juta jamaah.
 
Seperti dilansir The National, Rabu (15/7/2015) proyek yang dikerjakan antara lain perluasan bangunan, lanskap, terowongan, bangunan servis serta sebuah ring road di lingkungan Masjidil Haram.
 
Sementara itu, berdasarkan kantor berita Saudi Press, perluasan bangunan tersebut mencapai 1,47 juta meter persegi, termasuk 78 gerbang baru di lantai dasar yang mengelilingi bangunan yang telah diperluas.
 
Menteri Keuangan Ibrahim bin Abdulaziz Al Assaf menjelasakan, dalam pengembangan tersebut akan dibangun enam lantai baru untuk tempat salat, menambah 680 eskalator, 24 lift untuk penyandang disabilitas, serta 21 ribu toilet dan tempat wudhu.
 
Adapun proyek untuk mengembangkan Masjid Agung Mekkah tersebut telah dimulai sejak 2011, oleh mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz. Proyek tersebut diperkirakan memakan biaya hingga 26,6 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 353,5 triliun yang dikerjakan oleh Group Saudi Binladin.
 
Disebutkan, Pemerintah Saudi menggelontorkan dana sebesar 35,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 471,7 triliun, yang merupakan kompensasi kepada pemilik tanah agar proyek itu dapat berjalan dengan lancar. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,