Pasca Hujan Es, 10 Warga Wanobarak Meninggal Dunia

Pasca Hujan Es, 10 Warga Wanobarak Meninggal Dunia

Ilustrasi.(Net)

Wanobarok  -  Hujan es setelah mengguyur sedikitnya tiga kampung di Kabupaten Puncak, Papua, menyebabkan ancaman kelaparan bagi warga setempat. Hujan es yang turun dalam sebulan terakhir ini, telah menyebabkan tanaman gagal panen karena membeku, dan banyak ternak milik warga yang mati. Kondisi itu membuat sekitar 10 ribu masyarakat yang tinggal di tiga kampung hidup dalam kondisi yang memprihatinkan.
 
Menurut Bupati Willem Wandik, warga yang terancam kelaparan tersebut antara lain berada Kampung Agamdugume, Tuput, dan Jiwot di Distrik Agandugume. Fenomena hujan es sebenarnya terjadi tiap tahun, namun kali ini kondisinya cukup parah. “Biasanya hanya beberapa hari, tapi kali ini hujan es turun terus menerus. Bukan hanya pertanian tapi juga menyangkut nyawa manusia," kata Wandik, Rabu (15/7/2015).
 
Menurutnya, bantuan berupa beras, mie instan, dan air bersih sudah didistribusikan ke tiga kampung itu. Namun kendala utama dalam mendistribusikan bantuan tersebut adalah mahalnya ongkos transportasi. Untuk sekali angkut 3,5 ton bahan pokok ke distrik saja, membutuhkan ongkos sedikitnya Rp 350 juta.
 
Pasalnya, perjalanan ke lokasi itu hanya bisa menggunakan pesawat kecil atau helikopter. Sementara mobil dan motor sangat tidak memungkinkan digunakan karena geografis yang sulit. Sedangkan unhtuk berjalan kaki dari Ilaga butuh waktu dua hari perjalanan dengan udara yang dingin.
 
Oleh karena itu, ke depannya pihaknya meminta dukungan dari pemerintah provinsi juga pusat. "Stok bahan pokok bisa saja banyak di Timika, tapi untuk mengangkutnya butuh biaya transportasi yang tinggi. Kami berharap dukungan provinsi dan pusat karena ini menyangkut kemanusiaan, masyarakat Papua," harapnya.
 
Dia juga berharap, Presiden Jokowi dapat langsung memberikan solusi, karena bila lambat ditangani dapat berimbas pada kesehatan masyarakat di sana. Selain itu, warga tiga kampung berharap bantuan doa dari masyarakat Indonesia agar bencana itu segera teratasi.
Sejauh ini, Wandik pun terus memantau langsung kondisi di lokasi. "Saya ingin menemui Pak Jokowi meminta dukungan. Ada 10 ribu orang lebih, mereka minta dukungan bersama untuk doa bersama, karena ini menyangkut keselamatan umat manusia," pungkasnya.
 
Seperti diberitakan, sepuluh orang warga Wanobarak, Kabupaten Lanny Jaya, Jayapura, meninggal dunia akibat kedinginan pasca-hujan es yang melanda kawasan itu. Sekda Lannya Jaya Kristian Sohilait mengatakan, ke-10 warga itu meninggal dunia akibat cuaca dingin yang terjadi pada awal bulan Juli.
 
"Dari laporan yang kami terima, sebelum dilanda hujan es, Distrik Wanobarok yang memiliki 11 kampung itu sempat mengalami kemarau yang menyebabkan tanaman mati," kata Sekda Lanny Jaya.
 
Namun, tanggal 3 Juli lalu, terjadi hujan es atau frost yang melanda kampung di Distrik Wanobarak, lalu tanggal 5 Juli kembali terjadi hujan es selama semalaman hingga mengakibatkan tanaman membusuk. "Hujan es yang menyebabkan suhu di bawah nol derajat itu pun mengakibatkan meninggalnya warga dan juga ternak," kata Sohilait. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:obituary,