Hari Pertama Lebaran, Pelabuhan Merak Lancar

Hari Pertama Lebaran, Pelabuhan Merak Lancar

Merak - Situasi Pelabuhan Merak, Banten, pada hari pertama Lebaran 2015 terlihat berjalan lancar dan tidak ada antrean kendaraan maupun penumpang pejalan kaki.

"Semua kendaraan yang tiba di dermaga langsung bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung," kata Humas PT ASDP Merak Mario Sardadi Oetomo saat dihubunggi di Merak, Jumat (17/7/2015).

Selama ini, kata Mario Sardadi Oetomo, kondisi Pelabuhan Merak tampak sepi dari kendaraan maupun penumpang pejalan kaki dibandingkan pada H-2 Lebaran.

Seluruh kendaraan yang masuk dermaga, lanjut Mario, bisa diseberangkan menuju Pulau Sumatera tanpa menunggu waktu lama. Pasalnya, jumlah kendaraan sejak pagi hingga siang hanya beberapa saja dibandingkan dua hari lalu terjadi kepadatan dan antrean.

Begitu pula, penumpang pejalan kaki tampak sepi. Hal ini juga terlihat dari loket penjualan tiket penyeberangan.

"Kami menjamin selama Lebaran penumpang dan kendaraan relatif normal," ujarnya.

Mario menyebutkan bahwa penumpang Pelabuhan Merak sejak Kamis (16/7) pukul 20.00 WIB sampai dengan Jumat pukul 08.00 WIB sekitar 5.000 orang dan kendaraan 4.025 unit.

Oleh karena itu, kata dia, kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar dan semua kendaraan bisa diseberangkan menuju Pulau Sumatra.

Meskipun penumpang dan kendaraan tampak sepi, kapal yang beroperasi sebanyak 27 armada dengan perjalanan di atas 95 trip.

"Kami tetap mengoperasikan kapal, termasuk kapal berkapasitas besar guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang," katanya.

Suharyadi, penumpang pejalan kaki, mengaku dirinya setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa langsung naik ke atas kapal yang bersandar di Dermaga I.

Ia bersama anggota keluarga dari Bekasi bertujuan Metro Lampung.

"Kami begitu turun dari bus, bisa diseberangkan," katanya.

Begitu pula, Hendra Cahyadi, penumpang di atas kendaraan, mengaku dirinya dan keluarga mudik terpaksa pada hari Lebaran karena arus kendaraan lancar.

Saat ini, kondisi Pelabuhan Merak normal dan tidak terlihat kepadatan kendaraan.

"Kami bertujuan ke Palembang, Sumatera Selatan, berharap sampai tujuan selamat," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,