Ribuan Muslim Indonesia Padati Salat Ied di Sydney

Ribuan Muslim Indonesia Padati Salat Ied di Sydney

(Pensosbud KJRI Sydney)

Sydney  - Salat Ied Lebaran tahun 2015 di Sydney berlangsung pada musim yang terdingin dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini.

Siaran pers Konsulat Jenderal RI di Sydney menyebutkan temperatur mencapai 6 Celcius dibarengi dengan hujan yang sangat deras secara terus menerus bahkan di beberapa tempat mengalami turun salju tebal.

Lebaran tahun ini jatuh pada hari kerja, sehingga bagi komunitas Muslim yang umumnya karyawan harus meminta izin terlebih dahulu untuk menunaikan Salat Ied bersama keluarga, Jumat (17/7/2015).

Pelaksanaan Salat Ied bagi komunitas Muslim Indonesia di Sydney terkonsentrasi di beberapa suburb di antaranya Lakemba, Bankstown, Tempe, Kempsey dan di University of New South Wales (UNSW), yang karena membludaknya warga yang hadir terpaksa menggunakan Community Hall yang lebih luas pada suburb masing-masing.

Jemaah yang bersembahyang bukan hanya komunitas Muslim Indonesia tetapi terdapat juga masyarakat muslim Australia setempat dan komunitas lain yang ikut bergabung dengan komunitas Indonesia.

Di Bankstown Community Hall, yang dihadiri ribuan jemaah Indonesia, walaupun suhu udara sangat dingin, namun tidak mempengaruhi keteduhan dan kekhusyukan suasana jemaah yang bersembahyang. Setelah salat Ied selesai dilaksanakan, suasana kehangatan menjadi ajang silaturahim bagi masyarakat untuk bertegur sapa, bersalam-salaman dan bermaaf-maafan.

Dr. Yayan Mulyana, Konsul Jenderal (Konjen) RI di Sydney saat dalam sambutannya di Bankstown Community Hall menyampaikan penghargaan  atas peran komunitas Muslim Indonesia dalam membangun saling menghormati dan memahami dengan komunitas-komunitas lainnya.

Dr. Yayan juga mendorong masyarakat agar melalui puasa Ramadan, komunitas Muslim Indonesia dapat lebih menjadi teladan bagi komunitas lainnya khususnya dalam membangun masyarakat Australia yang multikultur.

Ditambahkan Dr. Yayan, agar komunitas Muslim Indonesia senantiasa menampilkan sikap yang mencerminkan Islam sebagai rahmatan lil alaamin, baik di tataran individu maupun tataran komunitas.(Ode)**
.

Categories:Internasional,