Dilma Rousseff Kembali Terpilih Jadi Presiden

Dilma Rousseff Kembali Terpilih Jadi Presiden

Dilma Rousseff Kembali Terpilih Jadi Presiden

Brasilia  - Dilma Rousseff kembali terpilih menjadi Presiden Brasil untuk masa jabatan kedua pada Minggu (26/10/2014), demikian hasil resmi pemilihan umum di negeri itu.

Rousseff mengumpulkan 51,56 persen suara, sementara calon dari kubu oposisi konservatif Partai Sosial Demokrat (PSDB) Aecio Neves mengantungi 48,38 persen setelah 99,77 persen suara dihitung, kata Mahkamah Tertinggi Pemilihan Umum (TSE).

Dilma Rousseff (66) meraih pemilihan presiden dengan persaingan paling ketat di Brasil dalam dua dasawarsa, saat kemunduran ekonomi memberi PSDB yang pro-usaha, kesempatan untuk membuat kemajuan dalam kampanyenya.

Dalam kampanye, Rousseff mengakui masalah ekonomi yang dihadapi negerinya dan menjanjikan "lingkaran pembangunan baru (yang akan) lebih produktif dan lebih bersaing" bagi ekonomi terbesar di Amerika Latin tersebut, demikian laporan Xinhua. Senin (27/10) pagi.

Pada 2002, pendahulunya Luiz Inacio Lula da Silva mengalahkan calon PSDB Jose Serra untuk meraih masa jabatan pertamanya.

Pada 2006 ia mengalahkan calon parta oposisi tersebut Geraldo Alckmin, Gubernur saat ini bagi Negara Bagian Sao Paulo, untuk mengantungsi masa jabatan keduanya.(Ode)**
.

Categories:Internasional,