Semarak dan Kemeriahan Rayakan Hari Lebaran di Inggris

Semarak dan Kemeriahan Rayakan Hari Lebaran di Inggris

London  - Sejumlah warga muslim yang bermukim di Negeri Ratu Elizabeth tetap merayakan Idulfitri seperti di negara Islam lainnya, meski jumlahnya tidak begitu banyak. 
 
Meski hari raya Idulfitri tidak menjadikan hari libur nasional di Inggris, beberapa perusahaan bisnis lokal dan sekolah memberikan pengecualian terhadap mereka yang muslim. Oleh karena itu, umat muslim di wilayah muslim terbesar diberi kesempatan untuk mengambil hari libur saat Idulfitri. 
 
Pada pagi hari Idulfitri, umat muslim di Inggris melakukan salat Id di masjid seperti yang dilakukan muslim lainnya di seluruh dunia. Seperti biasanya, pusat perayaan Idulfitri diselenggarakan di Trafalgar Square, London.   
 
Para umat yang berasal dari Asia Selatan biasanya memakai jubah, sedangkan yang perempuan mengenakan gamis pada hari tersebut. Mereka pun menghias rumah dengan lampu dan ornamen lainnya, sehingga suasananya menjadi bertambah semarak.   
 
Setelah menjalankan salat Ied, mereka biasanya pergi ke pemakaman untuk mendoakan keluarga mereka yang telah meninggal. Kemudian mereka pulang dan bersilaturahmi serta saling mengucapkan selamat kepada sesama umat muslim lainnya, baik secara langsung maupun melalui kartu ucapan.  
 
Mereka juga bersilaturahmi ke rumah-rumah kerabat yang ada di seluruh kota. Salah satu tradisi dalam perayaan Idulfitri di negeri Ratu Elizabeth ini adalah memasak makanan tradisional yang berasal dari masing-masing negeri asal mereka.   
 
Selain itu, mereka juga merayakannya dengan pergi ke taman-taman hiburan bersama keluarga untuk merayakan kebersamaan. Sama seperti yang dilakukan oleh umat muslim lain, umat muslim Inggris juga akan menyisihkan rezeki mereka untuk orang kurang mampu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,