Ciwidey dan Kebon Binatang Kawasan Wisata Favorit

Ciwidey dan Kebon Binatang Kawasan Wisata Favorit

Bandung - Jalur wisata Ciwidey Kabupaten Bandung dan Kebon Binatang Kota Bandung menjadi kawasan wisata favorit sehingga terjadi kepadatan arus lalu lintas di kawasan itu, Minggu (19/7/2015).

Peningkatan jumlah pengunjung signifikan terjadi di kawasan Objek Wisata Ciwidey Kabupaten Bandung bagian selatan. Akibatnya terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalur Soreang - Ciwidey - Rancabali.

Para wisatawan datang dengan menggunakan kendaraan roda empat, bus dan sepeda motor yang berbaur di jalur jalan yang tidak terlalu lebar.

"Pengamanan jalur wisata dilakukan di beberapa titik, salah satunya di kawasan Ciwidey yang hari ini mengalami peningkatan volume kendaraan," kata Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan.

Iring-iringan kendaraan terjadi menuju kawasan wisata Kawah Putih dan pemandian air panas itu. Jalur itu pula menjadi jalur menuju objek wisata Situ Patenggang.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, terjadi antrean kendaraan menjelang objek wisata Kampung Cai Ciwidey itu. Namun para wisatawan rela untuk mengantre dan masuk ke kawasan itu.

Sedangkan wisatawan yang hendak masuk ke objek wisata Kawah Putih, melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan wisata Ontang-Anting yang disiapkan oleh pengelola objek wisata itu.

Kendaraan bak terbuka yang dimodifikasi untuk angkutan wisatawan itu bolak balik Kawah Putih - Cimanggu dengan tarif Rp10 ribu per wisatawan. Objek wisata itu menjadi tujuan para pengunjung disamping wisata pemandian air panas.

Hingga siang hari, masih banyak kendaraan yang menuju objek wisata alam perpaduan Gunung Api Purba, Pemandian Air Panas, Perkebunan Teh dan wisata danau alam itu.

Objek wisata pemandian air panas Cibolang dan Situ Cileunca di Pangalengan juga padat pengunjung sejak Sabtu kemarin. Sebagian besar pengunjung berasal dari kawasan Bandung selatan.

Rakayasa Jalur Sementara itu kunjungan wisata ke Kebun Binatang Kota Bandung membludak pada Minggu, melebihi jumlah pengunjung pada Sabtu kemarin. Polrestabes Bandung melakukan rekayasa arus lalu lintas di kawasan Jalan Taman Sari Bandung.

Arus kendaraan di Jalan Taman Sari dialihkan ke Jalan Cikapayang, Dago dan Prabudimuntur untuk memecah kepadatan di jalan Taman Sari yang juga mengakses ke Kampus ITB Bandung itu.

Sedangkan Jalan Tamansari Bandung dikhususkan bagi wisatawan yang hendak menuju ke Kebun Binatang yang Minggu ini diprediksi dikunjungi lebih dari 20 ribu pengunjung.

Minimnya lokasi parkir di kawasan objek wisata edukasi peninggalan Belanda itu menjadi kendala bagi wisatawan dan kerap menjadi kemacetan luar biasa di kawasan itu.

Sementara itu pengelola Kebun Binatang Bandung membuka semua pintu dan loket masuk ke objek wisata itu dan membuka jalur keluar secara berbeda sehingga menghindari terjadinya penumpukan pengunjung.

Bludakan pengunjung juga terjadi di kawasan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani di Jalan Lombok Kota Bandung sehingga mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas di jalur itu.

Kesibukan di Factory Outlet Jalan Martadinata Kota Bandung juga meningkat dengan jumlah pengunjung yang mengalami peningkatan signifikan. Kendaraan berplat nomor B mendominasi lahan parkir di pusat perjualan pakaian itu. (AY)

.

Categories:Wisata,
Tags:,