Instalatir Listrik pun Perlu Pelatihan Pamahaman Kebakaran

Instalatir Listrik pun Perlu Pelatihan Pamahaman Kebakaran

Bandung - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, pelatihan penanggulangan kebakaran dinilai belum cukup. "Kami sarankan diadakan pembinaan dengan lembaga yang punya kompetensi dalam bidang kelistrikan, seperti PLN atau instalatir teknis kelistrikan. Sebab, kebakaran dominan bersumber dari konsleting arus pendek," ungkapnya, Senin (20/7/2015).

Menurutnya, pihak instalatir listrik perlu diberikan pemahaman mengenai standarisasi kelistrikan .Ia juga meminta kepada setiap gedung untuk mewaspadai kejadian kebakaran yang bisa menimpa kapan saja. Selain mengganti instalasi listrik yang tidak berstandar, penyediaan alat APK (Alat Pemadam Kebakaran) seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hydrand, tandom air, splingker dan smoke detektor sangat penting disediakan.

"Jika masyarakat dapat mengendalikan api dari sejak kecil, Insya Allah api dapat dipadamkan dan tidak membesar. Api kalau sudah besar akan sulit dikendalikan, bisa melalap apa saja harta benda bahkan mengancam nyawa," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Pasar Induk Gedebage, Kota Bandung hangus dilalap sijago merah, Senin dinihari 20 Juli 2015. Dalam kejadian tersebut, ratusan kios hancur. Dugaan sementara kebakaran diakibatkan oleh konsleting listrik. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,