Kebakaran Hutan Gunung Guntur Capai 30 Hektar

Kebakaran Hutan Gunung Guntur Capai 30 Hektar

Bandung  - Kebakaran hutan di kawasan Konservasi Gunung Guntur, Kabupaten Garut mencapai 30 hektar lebih. "Diperkirakan hasil pengecekan kami semua, serta BKSDA ada 30 hektar lebih," kata Kepala BPBD Garut Dadi Zakaria melalui telepon selulernya, Senin (20/7).

Ia menuturkan, lahan hutan yang terbakar merupakan tanaman ilalang dan ranting yang kering di area Puncak 2, Blok Pamulangan, Citiis, Tarogong Kidul. Kebakaran itu diketahui Minggu (19/7) siang, hingga Senin dinihari masih terlihat kobaran api, kemudian menjelang pagi diperkirakan sudah padam.

"Kami telah melakukan upaya pemadaman dengan BKSDA, TNI, dan Polri, dan menjelang pagi kobaran api sudah hampir padam," katanya.

Penyebab kebakaran belum dapat diketahui secara pasti. Namun dugaan sementara karena faktor alam yaitu panasnya matahari, atau perbuatan manusia yang membakar sampah. "Kita tidak bisa memastikan sumber api seperti apa," katanya.

Ia menyampaikan, peristiwa kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa. Namun hanya sempat mengganggu pendaki atau orang yang berkemah di kawasan Citiis, Gunung Guntur.

Selain itu, lanjutnya kebakaran hutan tidak menjalar ke permukiman penduduk di kaki Gunung Guntur karena lokasinya cukup jauh. "Tidak mendekati titik api, jarak titik api ke permukiman lima kilometer, sementara aman," katanya.

Ia menambahkan, kebakaran hutan Gunung Guntur merupakan peristiwa setiap tahun pada musim kemarau dengan luas lahan yang terbakar berbeda-beda.  "Kebakaran gunung sudah beberapa kali terjadi," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,