Sopir Angkot Jalur Cileunyi Diperiksa Kesehatan

Sopir Angkot Jalur Cileunyi Diperiksa Kesehatan

Seorang supir tengah menjalani pemeriksaan kesehatan di Pos jaga Cileunyi Rabu (22/7/2015).(Tris Doddy)

Bandung - Tim Kesehatan Polres Bandung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung melakukan tes kesehatan kepada para sopir kendaraan umum, yang melintas di Jalur Cileunyi Kabupaten Bandung. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud dari operasi Ketupat Lodaya 2015.

Demikian diungkapkan Leni Marliantini, Tim Kesehatan Polres Bandung kepada wartawan di Pos Cileunyi, Rabu (22/7/2015). "Kita lakukan pemeriksaan urine untuk supir angkot, sopir elf dan supir bus. Ini menghindari dari kemungkinan terindikasi mengonsumsi minuman keras dan narkoba terhadap para sopir," ungkap Leni.

Selain  tes urine, pihaknya melakukan pemeriksaan tensi darah dan pemeriksaan detak jantung serta mendeteksi kondisi fisik sopir. "Cara pemeriksaannya, kita melihat dari rongga mulut, tangannya apakah terbiasa pake jarum suntik, konsentrasi dari bola mata, pupilnya agak membesar dan warnanya agak kemerah-merahan," bebernya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Leni mengaku banyak sopir yang mengalami darah tinggi dan darah rendah. Oleh sebab itu, pihaknya memberikan obat penurun darah atau vitamin kekurangan darah kepada para sopir tersebut.

"Ada beberapa sopir yang menderita darah tinggi, sebagai langkah antisipasi kecelakaan kita kasih obat penurun darah. Kalau dia ada riwayat darah tinggi, akan ada potensi cenderung naik," bebernya.

Namun dirinya menjelaskan, dari test urine yang dilakukan belum ada sopir yang positif menggunakan narkoba. "Alhamdulillah engga ada yang positif, jadi kita langsung persilakan melanjutkan perjalanannya," tandasnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,