Pacquiao Promosikan Filipina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket

Pacquiao Promosikan Filipina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket

General Santos - Pahlawan tinju Manny Pacquiao mengatakan pada Rabu (22/7/2015) bahwa ia akan mempromosikan upaya Filipina untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) 2019.

"Ya, saya akan pergi ke Tokyo dengan delegasi Filipina untuk membantu upaya kami menjadi tuan rumah FIBA 2019," ucapnya dalam pernyataannya.

Pacquiao (36) mengatakan ia akan ikut bepergian pada bulan depan ke ibukota Jepang di mana FIBA akan mengumumkan tuan rumah turnamen itu.

Filipina yang rakyatnya menggilai olahraga bola basket, lolos ke Piala Dunia FIBA tahun lalu di Spanyol, dan mengakhirinya dengan menghuni peringkat ke-21.

Negara itu menghadapi persaingan berat dari raksasa Asia Tiongkok untuk menjadi tuan rumah turnamen 2019, menurut situs resmi FIBA.

Pacquiao, yang populer di seluruh dunia karena memegang gelar tinju dunia pada delapan kelas yang berbeda, juga merupakan penggemar bola basket.

Tahun lalu secara kontroversial ia meneken kontrak untuk menjadi pelatih-pemain pada klub baru di liga bola basket profesional Filipina.

Bagaimanapun, Pacquiao yang memiliki tinggi badan 1,69 meter tidak banyak bermain, ia hanya tampil selama beberapa menit pada masing-masing pertandingan meski hal itu telah cukup untuk memuaskan para penggemar.

Pacquiao menggunakan kepopulerannya di tinju untuk mencoba peruntungan di dunia hiburan, sebagai bintang iklan, dan bahkan di panggung politik, memenangi pemilihan umum sebagai anggota kongres di distrik selatan Filipina yang masih dihantui kemiskinan. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,