Pembangunan Desa Cegah Urbanisasi

Pembangunan Desa Cegah Urbanisasi

Gubernur Ahmad Heryawan saat diwawancarai usai acara Jabar Bersyukur. (Foto ADE/CikalNews)

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan pembangunan di desa bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya urbanisasi yang dilakukan oleh kaum pendatang dari desa ke kota usai Idul Fitri atau Lebaran.

"Mudah-mudahan pada tahun-tahun ke depan dampak dari perhatian pemerintah ke desa-desa itu sudah mulai kelihatan dengan perkembangan ekonomi, infrastruktur yang lebih bagus sehingga perkembangan ekonomi di pedesaan juga menjanjikan kesejahteraan sebagaimana di perkotaan," kata Ahmad Heryawan, di Bandung, Rabu (22/7/2015).

Pihaknya mengakui bahwa perkotaan hingga saat ini menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di pedesaan sehingga wajar jika warga rela pindah ke kota demi kehidupan yang lebih baik lagi dibandingkan ketika tinggal di desa.

"Padahal belum tentu kehidupan diperkotaan jauh lebih baik dibandingkan di desa-desa. Tapi yang jelas semua kota, termasuk Bandung masih menjadi magnet bagi pendatang," kata dia.

Menurut dia, perpindahan masyarakat dari desa ke kota adalah hal yang biasa jika dibarengi dengan kemampuan atau keterampilan yang memadai.

"Oleh karena itulah kita tentu tidak hanya menahan-menahan saja dalam arti jangan kota karena belum tentu di kota ada sesuatu, tidak hanya itu. Itu tentu harus kita sosialisasikan," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, saat ini perhatian pemerintah pusat terhadap desa sudah jauh lebih bagus yakni mulai memperhatikan pembangunan di desa-desa.

"Ketika pendayagunaannya dilakukan dengan baik maka perkembangan ekonomi dipedesaan akan berjalan sehingga mencegah urbanisasi. Jadi di desa itu seperti kota kecil jadinya," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan peran pelajar dari daerah yang menimpa ilmu di perguruan tinggi diharapkan mampu mengamalkan ilmunya di daerah asalnya usai selesai menempuh ilmu.

"Tentu dengan banyaknya masyarakat terpelajar saat ini kemudian mungkin juga mengolah lahan-lahan, mengolah sumber daya pertanian, perikanan, perkebunan kita dengan modal sekolah akan lebih berdampak pada kesejahteraan dibandingkan dgn pengelolaan masyarakat yang belum terpelajar," ujar dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,